Home > Ekonomi

BCA Digital Gandeng Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Debit Co-branding

Kolaborasi BCA Digital-Garuda Indonesia ini menghadirkan inovasi kartu debit co-branding maskapai penerbangan utama Indonesia dengan branchless digital bank, yang mendukung kemudahan dan kenyamanan nasabah.
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (kiri) dan Direktur Utama BCA Lanny Budiati (kanan) kerja sama siap luncurkan kartu debit co-branding, Senin (20/5/2024). (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (kiri) dan Direktur Utama BCA Lanny Budiati (kanan) kerja sama siap luncurkan kartu debit co-branding, Senin (20/5/2024). (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - PT Bank Digital BCA (BCA Digital) menandatangani perjanjian kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia terkait peluncurkan kartu debit co-branding pada tahun 2024 guna mewujudkan komitmen kedua perusahaan dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama BCA Lanny Budiati dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di kantor BCA Digital, Senin (20/5/2024).

Kolaborasi BCA Digital-Garuda Indonesia ini menghadirkan inovasi kartu debit co-branding maskapai penerbangan utama Indonesia dengan branchless digital bank, yang mendukung kemudahan dan kenyamanan nasabah khususnya untuk kebutuhan travelling menggunakan layanan penerbangan.

Lanny Budiati mengatakan 90% nasabah blu adalah Milenial dan Gen Z yang sangat suka traveling. Melalui kartu debit co-branding ini, pihaknya ingin memberi benefit tambahan bagi para sobatblu saat bepergian.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Garuda Indonesia, maskapai ternama nasional," kata Lanny dikutip dari rilis pers resmi Senin (20/5/2024).

Ia menyebutkan, ini akan menjadi kartu debit kedua dari BCA Digital. Kolaborasi ini, menurut Lanny, akan menambah semangat pihaknya untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang relevan dan solutif.

"Sekaligus memperluas ekosistem digital kami guna memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai kebutuhan finansial para nasabah,” ujarnya.

Ia menjelakan, untuk mendapatkan kartu debit co-branding ini nasabah cukup apply melalui aplikasi blu tanpa harus mengantre di cabang. Nasabah juga akan sekaligus terdaftar menjadi member GarudaMiles.

Dengan begitu, nasabah dapat langsung menggunakan kartu debit co-branding ini untuk bertransaksi dan mendapatkan berbagai keuntungan seperti program perolehan mileage khusus dari BCA Digital, serta layanan premium dari Garuda Indonesia.

"Kami juga menyambut para existing member GarudaMiles untuk membuka rekening blu dan apply kartu debit co-branding ini. Kartu yang ditargetkan untuk diluncurkan pada kuartal terakhir 2024 ini akan dibuat dari PVC hasil daur ulang, guna mendukung kelestarian lingkungan sebagai bagian komitmen kedua perusahaan terhadap environmental sustainability atau keberlanjutan lingkungan,” jelas Lanny.

Sementara, Irfan Setiaputra mengatakan kerja sama co-branding ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk memberikan added value bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan bersama Garuda Indonesia melalui penggunaan aplikasi blu by BCA Digital.

Ia melanjutkan, berbagai kemudahan yang hadir melalui perkembangan teknologi saat ini turut mengubah behavior masyarakat dalam beraktivitas termasuk dalam merencanakan dan melakukan perjalanan.

Irfan menuturkan, pergeseran behavior masyarakat tersebut tentunya menjadi peluang yang harus direspons dengan kesiapan dan kesigapan untuk beradaptasi, serta menghasilkan inovasi produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka melalui ketersediaan premium service.

"Dan excellent travel experience dalam layanan penerbangan Garuda Indonesia yang kami optimalkan melalui kerja sama dengan mitra strategis, BCA Digital,” papar Irfan.

Irfan menambahkan, kolaborasi bersama BCA Digital ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan service value bagi pengguna jasa kedua perusahaan. Namun, kolaborasi ini juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan pangsa pasarnya.

"Khususnya, Generasi Z dan Milenial yang merupakan mayoritas pengguna BCA Digital,” katanya.

Dengan demikian, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi nasabah dan pelanggan kedua perusahaan, serta turut menghadirkan terobosan baru dalam industri finansial dan penerbangan di Indonesia.

Komitmen tersebut sejalan dengan visi kedua perusahaan yang akan terus memberikan layanan berkualitas dan inovatif bagi para nasabah, sambil tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia. (**)

Editor: Yoyok BP

× Image