Home > News

Pemkot Depok akan Atasi Banjir Tak Surut- surut di Cipayung-Pasir Putih

Untuk langkah sementara saat ini sedang dilakukan pengerukan longsoran sampah yang tergenang di Kali Pesanggrahan, menggunakan dua alat berat. Hal ini untuk memperlancar aliran kali.
Sekda Pemkot Depok, Supian Suri saat meninjau lokasi banjir yang tak surut-surut di Jembatan Kali Pesanggrahan. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)
Sekda Pemkot Depok, Supian Suri saat meninjau lokasi banjir yang tak surut-surut di Jembatan Kali Pesanggrahan. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)

RUZKA INDONESIA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menyiapkan berbagai langkah strategis untuk mengatasi persoalan banjir yang tak surut-surut di Jembatan Kali Pesanggrahan.

Banjir di jembatan tersebut menghubungkan antara Kecamatan Cipayung dan Pasir Putih akan dilakukan penanganan sementara, sebelum perbaikan permanen yang nantinya melibatkan beberapa unsur dan lintas sektor.

Untuk langkah sementara saat ini sedang dilakukan pengerukan longsoran sampah yang tergenang di Kali Pesanggrahan, menggunakan dua alat berat. Hal ini untuk memperlancar aliran kali.

"Pertama kami mohon maaf dengan masyarakat yang terganggu dengan kondisi ini. Langkah awal yang kami ambil yaitu melakukan penyelesaian sementara dengan mengeruk sampah dan memperlebar kali yang mengecil akibat longsoran sampah," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri dalam keterangan yang diterima, Ahad (05/05/2024).

Menurut Supian, pihaknya akan menambah jumlah alat berat agar hasilnya lebih optimal. Sedangkan untuk penanganan permanen,

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok telah melakukan kajian terhadap titik-titik atau lokasi yang saat ini terendam banjir, untuk dibebaskan agar bisa menjadi daya tampung Kali Pesanggrahan.

"Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) juga harus meninggikan akses jalan, sehingga ketika air meluap akses tersebut tidak terendam lagi dan masih bisa dilewati," jelasnya.

Kemudian, nantinya Kali Pesanggrahan akan di hidupkan kembali, karena saat ini kondisinya sudah memprihatinkan.

"Kali ini orotitasnya bukan di Pemkot Depok saja tetapi juga orotitas Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, kita harus informasi kesana," terang Supian. (***)

× Image