Home > Ekonomi

Startup Diharapkan Bantu Pemkot Depok Tekan Angka Pengangguran

Startup diharapkan mampu memperkuat kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.
DKUM Kota Depok gelar Depok Startup Festival. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)

ruzka.republika.co.id--Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berharap perusahaan rintisan atau startup yang telah menjalani pembinaan (inkubasi) dapat membantu menyelesaikan masalah perkotaan. Seperti mampu memperkuat kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

"Startup diharapkan berkontribusi menjawab keberlanjutan pasca pandemi Covid-19, bisa mengurangi pengangguran di Kota Depok," kata Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat, Kamis (31/08/2023).

Menurut Dede, Pemkot Depok ingin masyarakat agar memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga tidak hanya berpangku menjadi pegawai di kantor. Namun juga mampu membuka akses lapangan pekerjaan.

"Kami sangat ingin memajukan ekosistem startup di Depok. Karena itu, kami menggandeng Kode Kreatif Hub untuk membantu para startup ini membangun bisnis jangka panjang berbasis produk digital yang inovatif," jelasnya.

Ia mengungkapkan, puluhan startup lokal sudah melalui inkubasi oleh Kode Kreatif Hub selama beberapa pekan. "Fokus mereka berbeda-beda, ada dari bidang kesehatan, pendidikan, aplikasi, game dan lainnya," ungkap Dede.

Lanjut Dede, Pemkot Depok bersama stakeholder berusaha menciptakan ekosistem startup digital. Hal ini juga mendukung Depok masuk jejaring Kota Kreatif UNESCO tahun ini.

"Kami harap anak muda Depok, khususnya pelajar atau remaja mulai mengasah bakat teknologinya agar siap kerja," harapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image