Home > Ekonomi

30 Startup di Kota Depok Presentasikan Hasil Karya di Pitching Day Startup Program WUB 2023

Mereka menyajikan hasil produk inovasinya setelah mengikuti rangkaian pendampingan.
DKUM Kota Depok menyelenggarakan Pitching Day Startup Program Wirausaha Baru 2023. (Foto Dok Diskominfo Kota Depok)

ruzka.republika.co.id--Sebanyak 30 startup yang merupakan binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mempresentasikan hasil karyanya ke para investor lokal dan nasional dalam ajang Pitching Day Startup Program Wirausaha Baru (WUB) 2023, Jumat (04/08/2023) lalu.

"Mereka menyajikan hasil produk inovasinya setelah mengikuti rangkaian pendampingan selama kurang lebih dua bulan yang diberikan Pemkot Depok," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Iskandar Zulkarnain dalam keterangan yang diterima, Rabu (09/08/2023).

Menurut Iskandar, Pemkot Depok berkomitmen memfasilitasi para anak muda milenial yang sedang mengembangkan perusahaan rintisannya atau startup agar menjadi lebih besar lagi.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Depok adalah menggelar pelatihan atau pendampingan bagi startup selama dua bulan. Di sana, mereka didorong mengulik ide kreatif untuk pengembangan usahanya.

"Pitching Day ini adalah pertemuan terakhir rangkaian pelatihan, mereka memaparkan hasil inovasi dan ilmu yang sudah didapat ke investor, nanti investor langsung yang menilai mana yang bisa dipakai untuk perusahaannya," jelasnya.

Ia menambahkan, para startup yang mengikuti pelatihan dan pendampingan ini terdiri dari klaster sanitasi/IOT, pendidikan, pemberdayaan UMKM, Digital Marketing dan Public Relation, kesehatan, digitalisasi koperasi, kuliner, dan fintech property.

"Inovasi yang mereka punya ini diharapkan dapat membantu pemerintah memecahkan permasalahan di Depok," terang Iskandar.

Lanjut Iskandar, dalam membina para startup, DKUM menggandeng Kode Creative Hub. Dimana ini merupakan wadah berkumpulnya komunitas bisnis di Kota Depok.

"Dengan adanya program ini yang kami jadikan sebagai pilot project perdana, bagaimana keberhasilan dari sini anak muda di Kota Depok bisa mengetahui manfaat dari startup," ungkapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image