Home > News

Jalan Nusantara Depok akan Kembali Diberlakukan Satu Arah

Sebelumnya Jalan Nusantara yang merupakan jalan nasional telah diberlakukan SSA.
Flayer SSA Jalan Nusantara Depok.

ruzka.republika.co.id--Setelah selesai pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika, Jalan Nusantara kembali diberlakukan sistem satu arah (SSA).

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bersama Badan Pengelola Transportasi JABODETABEK (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Polres Metro (Polrestro) Depok melakukan sosialisasi pemberlakuan kembali SSA Jalan Nusantara kepada warga Kelurahan Depok Jaya Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

"Rencananya , uji coba SSA di Jalan Nusantara mulai 5 - 11 Agustus 2023," kata Kepala Bidang Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban (Bimkestib) Dishub Kota Depok, Ari Manggala, Senin (31/07/2023).

Sebelumnya Jalan Nusantara yang merupakan jalan nasional telah diberlakukan SSA. Namun, dihentikan sementara, karena ada pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika.

"Kami ajukan penghentian sementara SSA ke BPTJ Kemenhub, karana untuk keluar masuk bahan bangunan dan lalu lintas masyarakat," tuturnya.

Menurut Ari, hasil evaluasi kinerja lalu lintas pasca beroperasinya underpass Dewi Sartika untuk Jalan Margonda Segmen I, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Dewi Sartika menunjukkan kinerja baik.

"Sedangkan, Jalan Nusantara yang saat ini diberlakukan dua arah menunjukkan kinerja yang buruk. Jika dibandingkan dengan waktu diberlakukannya SSA, Jalan Nusantara menunjukan kinerja yang buruk, sehingga perlu diberlakukan kembali SSA di jalan tersebut," ungkap Ari.

Terdapat tiga indikator dalam mengevaluasi jalan, yakni, waktu tempuh, kecepatan dan panjang antrean."Dari indikator tersebut, maka kami akan uji coba kembali SSA di Jalan Nusantara," ucap Ari.

Dalam kesempatan tersebut, Ari juga menampung usulan dan opini dari masyarakat. Kemudian, akan diteruskan ke pimpinan, baik dari Dishub Depok, BPTJ dan Polres Metro Depok. "Semoga dengan upaya yang kami lakukan kinerja Jalan Nusantara dan sekitarnya kembali baik," harapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image