Home > Komunitas

Puluhan Anak Ikuti Khitanan Massal yang Digelar Warga Gunung Kidul Depok

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan sunatan massal tersebut.
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (Topi oranye) sedang menyaksikan proses khitanan.

ruzka.republika.co.id--Warga Gunung Kidul yang berdomisili di Kota Depok terus melakukan berbagai aktivitas sosial, salah satunya berupa bakti sosial khitanan massal yang dipusatkan di Musholah Nurul Falah RT 04/07 Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Selasa (11/07/2023). Acara tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Camat Tapos Abdul Mutholib, Lurah Sukamaju Baru Nurhadi, Tokoh Masyarakat Gunung Kidul Kota Depok Sungkowo Pudjodinomo, Pengurus Paguyuban Masyarakat Jogjakarta (Praja) Sastro, Ketua RW, Ketua RT, dan masyarakat sekitar.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan sunatan massal tersebut, karena bisa membantu masyarakat, khususnya yang membutuhkan. "Saya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan salah satu komunitas Jawa, yakni warga Gunung Kidul. Kegiatan ini tentunya sangat membantu warga di lingkungan yang ingin mengkhitankan anaknya," ungkapnya.

Kegiatan khitanan massal ini, katanya lagi, juga dilaksanakan di waktu yang tepat, yakni saat liburan sekolah. "Semoga anak yang dikhitan, anak Depok terus sehat, kuat, dan menjadi anak sholeh," ucap Imam.

Koordinator khitanan massal, Samiya mengutarakan kegiatan ini diikuti sebanyak 23 anak yang berasal dari wilayah Kecamatan Tapos dan sekitarnya. "Awalnya target hanya 15 anak, ternyata animo warga cukup besar. Selain tidak dipungut biaya, anak yang dikhitan mendapatkan sejumlah hadiah untuk menghibur mereka, berupa uang, tas, peralatan sekolah, dan makanan," jelasnya.

Tokoh Masyarakat Gunung Kidul Kota Depok, Sungkowo Pudjodinomo yang akrab disapa Pakde Bowo, mengatakan masyarakat Gunung Kidul yang berdomisili di Kota Depok ingin ikut terus memberikan manfaat kepada lingkungan di sekitar tempat tinggal. "Warga Gunung Kidul tidak neko-neko (aneh-aneh), justru ingin terus berpartisipasi membangun dan memajukan Kota Depok dengan berbagai kegiatan positif karena sudah merasa menjadi bagian dari kota ini," tuturnya.

Selain khitanan massal, kegiatan yang telah dilakukan warga Gunung Kidul di Kota Depok, di antaranya mendukung program ketahanan pangan dengan cara menanam aneka tanaman memanfaatkan pekarangan rumah. Salah satu warga yang anaknya dikhitan, Ropiah menyampaikan rasa terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. "Pas banget kegiatannya saat liburan sekolah, jadi anak saya bisa ikut khitanan massal. Saya juga nggak gengsi karena kegiatan ini sangat membantu," terangnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image