Home > Ekonomi

Ini Tempat Penjualan Hewan Kurban Terbesar di Kota Depok, Disediakan Juga Tempat Pemotongan

Ada 2 tempat penjualan hewan kurban yang cukup terkenal yakni Mall Hewan kurban H Doni dan Kandang CV Puput Bersaudara.
Tempat penjualan hewan kurban Kandang CV Puput Bersaudara di Pancoran Mas, Kota Depok. Dijual ribuan sapi dan kambing serta disediakan juga tempat pemotongan.

ruzka.republika.co.id--Jelang Hari Raya Idhul Adha yang jatuh pada Kamis 29 Juni 2023, sudah mulai terlihat marak para penjual hewan kurban dadakan di setiap sudut Kota Depok. Namun, selain penjual hewan kurban dadakan tersebut, di Kota Depok setidaknya ada 2 tempat penjualan hewan kurban yang cukup terkenal yakni Mall Hewan kurban H Doni yang berada di kawasan Cimanggis dan Kandang CV Puput Bersaudara yang berada di kawasan Pancoran Mas.

"Kami menjamin kesehatan hewan kurban dari berbagai penyakit sehingga hewan tersebut memang layak untuk dijadikan kurban. Setiap hewan kurban, sapi yang dijual di sini telah melewati pemeriksaan kesehatan mulai dari mata, kuku, kaki, mulut dan lainnya. Hewan kurban di sini sudah tersertifikasi kesehatannya," ujar pemilik Mall Hewan Kurban, Haji Ramdoni alias Haji Doni Rabu (21/06/2023).

Ia mengatakan, untuk membawa sapi Kupang NTT, sapi Bima, dan Dompu NTB, sapi Bali, Madura, sapi Limosin, Simental dan Wagyu ke Kota Depok telah, melalui beberapa kali pemeriksaan kesehatan secara ketat oleh dinas terkait setempat.

"Pemesanan dan penjualan untuk hewan kurban sapi tahun ini meningkat hampir 300 persen. Sudah di pesan 1.800 ekor sap. Stok sapi masih ada 1.200 ekor. Untuk harga bervariasi, mulai dari Rp 17 juta, Rp 20 juta, Rp 50 juta hingga Rp 100 juta keatas,” terang Haji Doni.

Berbeda dengan Mall Hewan Kurban yang hanya menyediakan sapi, Kandang CV Puput Bersaudara lebih lengkap dengan menjual sapi dan kambing. Selain itu juga menyediakan tempat pemotongan hewan kurban. CV Puput Bersaudara telah 30 tahun, sejak 1993 telah bergelut di bidang peternakan dan tempat pemotongan hewan kurban yang beralamat di di Jalan Caringin (Gang Jagal), Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok.

"Kami menjual sapi berkualitas kepada masyarakat dengan harga mulai dari Rp 15 juta dan kambing dengan harga termurah Rp 2,5 juta. Kami juga menjual sapi lokal dari Bali dan Madura. Ada juga sapi jenis Limosin dengan ukuran jumbo seharga Rp 100 juta-Rp 150 juta," jelas pemilik Kandang CV Puput Bersaudara, Haji Didik Priyanto.

Menurut Haji Didik, memasuki Idul Adha 1444 H, masyarakat mulai mencari sapi dan kambing terbaik untuk dikurbankan. Saat ini, disediakan 1.300 ekor sapi siap kurban. Permintaan sapi cukup meningkat, sekitar 900-an ekor sapi sudah dipesan dari beberapa DKM Masjid di Kota Depok, Bekasi, Bogor dan Tangerang.

"Masalah kesehatan juga menjadi salah satu hal penting yang selalu diawasi, selain vaksinasi PMK dan LSD yang sedang mewabah, hewan kurban di CV Puput Bersaudara dijamin sehat karena terus dipantau Petugas Kesehatan Hewan. Tentunya aman untuk dikonsumsi. Jadi, kami sudah melakukan penyuntikan hewan kurban dengan anti biotik Interflox, anti radang dan juga multivitamin setiap hari kepada sapi dan kambing," jelasnya.

Haji Didik mengungkapkan sejumlah artis kerap membeli hewan kurban sapi. Diantara artis yang beli sapi kurban di sini antara lain Baim Wong dan Deny Cagur. "Mereka umumnya beli sapi yang cukup besar," ungkapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image