Home > Komunitas

DLHK Kota Depok Gelar Lomba 3R untuk Bank Sampah, Catat Ketentuan dan Tahapannya

Profil Bank Sampah paling lambat diterima panitia pada 30 Juni 2023.
Flayer DLHK Kota Depok gelar Lomba 3R 2023.

ruzka.republika.co.id--Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengadakan Lomba 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk Komunitas Bank Sampah di Kota Depok.

Lomba akan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama, masing-masing peserta menyerahkan profil Bank Sampah yang paling lambat diterima panitia pada 30 Juni 2023 dan akan dipilih 10 terbaik.

Tahap kedua, 10 Bank Sampah terbaik akan mempresentasikan produk daur ulangnya di Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop) Kecamatan Sukmajaya, dan akan dipilih enam terbaik. Tahap terakhir, ialah verifikasi lapangan dan dipilih tiga terbaik.

"Terdapat beberapa ketentuan dan tahapan yang harus diikuti serta diperhatikan oleh para peserta lomba," ujar Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman dalam keterangannya yang diterima, Ahad (11/06/2023).

Adapun untuk kriteria peserta yaitu komunitas Bank Sampah yang telah melakukan upaya pengelolaan sampah serta pemberdayaan masyarakat, minimal 1 tahun berjalan efektif.

"Lomba tertutup bagi pemenang Lomba 3R dari tahun 2017-2022, kecuali juara harapan. Produk yang dilombakan adalah produk hasil daur ulang dari sisa penggunaan sampah dan limbah sehari- hari menjadi benda yang bermanfaat dan bernilai ekonomis," jelas Rahman.

Selanjutnya, bagi pemenang lomba 3R tahun 2023 juara 1, 2, dan 3 wajib menyerahkan sebanyak tiga produk daur ulang. Kemudian, juga akan ada kunjungan verifikasi lapangan berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh tim penilai dan keputusan tim penilai bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

"Untuk informasi lebih lanjut dapat mengkonfirmasi ke Sekretariat Lomba pada Seksi Pengurangan Sampah dan Kemitraan Lingkungan Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok atau ke email pekldihk@gmail.com atau bisa juga melalui pesan instagram ke akun @pskl.dihkdepok atau nomor whatsapp 0821-2929-2022," ungkap Rahman. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image