Home > Olahraga

Peter Layardi Muncul di SEA Games 2023, Komunitas Tenis Meja Bersatu

Peter Layardi Lay membuktikan dedikasinya terhadap cabang olahraga tenis meja.
Ketua Umum PB PTMSI Peter Layardi Lay.

ruzka.republika.co.id - Peter Layardi Lay membuktikan dedikasinya terhadap cabang olahraga tenis meja. Ketua Umum PB PTMSI itu muncul di Phnom Penh, Kamboja meski tidak diundang. Dia berada di antara para atlet tenis meja yang bertanding di SEA Games 2023.

"Kita hadir di sini untuk bangsa. Saya tak melihat ini atlet PB atau PP. Semua atlet Indonesia dan berada di bawah naungan PB. Mereka berlaga demi Merah Putih. Demi bangsa dan negara," kata Peter Layardi.

Peter Layardi membantah adanya dualiseme PTMSI. Kecuali KONI Pusat memberikan pengakuan kepada kedua pihak. Faktanya KONI Pusat hanya melantik dan mengukuhkan Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI).

"Hanya PB PTMSI yang dilantik KONI Pusat. Jadi tidak perlu didebatkan," tandas Peter Layardi.

"Kita serahkan kepada Menpora. Jalan terbaik menurut beliau adalah kembali ke undang-undang sistem olahraga. Tidak berdebat kusir," tukasnya jika ada pihak yang mengklaim sebagai ketua umum PTMSI.

Peter Layardi Lay dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua Umum PB PTMSI

periode 2022-2026 pada 9 November 2022. Sejak itu, dia pun membangun padepokan tenis meja di Jonggol, Jawa Barat dan sudah diresmikan Maret lalu.

Menyinggung soal diberangkatkannya tenis meja ke SEA Games 2023 Kamboja dia mengapresiasi Menpora Dito Arietedjo. Meski masih muda, menurutnya menteri dari kader Golkar itu sangat memahami persoalan olahraga.

"Ini langkah awal yang bagus setelah tenis meja Indonesia absen pada dua edisi SEA Games sebelumnya. Saya berharap para atlet maupun komunitas tenis meja bersatu. Mereka datang ke Kamboja atas nama negara," tuturnya.

Tapi, Peter Layardi menyayangkan proses pengiriman atletnya. Menurutnya tidak sesuai mekanisme. Mestinya sesuai rekomendasi dari KONI Pusat.

"Jika melihat atlet yang bertanding saat ini saya merasa kurang puas. Sebetulnya kita punya peluang asalkan yang diberangkat sesuai hasil pelatnas. Saya melihat materi pemainnya tidak terlalu istimewa," ungkapnya.

Seperti diketahui empat atlet tenis meja Indonesia yang bertanding di SEA Games 2023 adalah Siti Aminah, Hafid Nur Annafi, Rafanael Niman dan Novida Widara. Sayangnya langkah mereka terhenti di babak awal. *

× Image