Home > News

Petugas Damkar Depok Amankan Ular Sanca 3 Meter di Pemukiman Warga

Dibutuhkan waktu 13 menit untuk mengevakuasi hewan liar tersebut.
Ular Sanca 3 meter yang berhasil diamankan petugas Damkar Kota Depok. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)

ruzka.republika.co.id--Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan seekor ular sanca sepanjang 3 meter yang masuk ke pemukiman warga, di Asrama Kelautan Cilodong, RT 04/RW 01, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Senin (08/05/2023).

"Dibutuhkan waktu 13 menit untuk mengevakuasi hewan liar tersebut," ujar Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos.

Menurut Welman, pihaknya menerima laporan pukul 08.45 WIB. Kemudian, pihaknya langsung bergerak cepat menuju lokasi guna melakukan evakuasi.

"Berkat ketangkasan empat petugas dari unit ranger Mako Kembang Damkar Kota Depok, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menangkap ular tersebut," terangnya.

Ia menambahkan, ular dengan panjang 3 meter tersebut, diamankan di rumah warga. Petugas menggunakan sejumlah peralatan antara lain hook, grabstick, senter, sarung tangan, dan helm. "Untuk sementara ular kami bawa ke kantor Mako Kembang," tutur Welman.

Welman mengingatkan kepada warga apabila menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar tidak mengganggu atau mencoba menangkap sendiri. Terlebih, jika tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.

“Bisa langsung telpon ke Damkar di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Saat menunggu petugas Damkar datang, diamkan saja, tetap perhatikan gerakannya,” pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image