Home > Gaya Hidup

Lebaran Idul Fitri 1444 H, Warga Depok Ramai Berwisata ke Situ

Beberapa situ ramai dikunjungi warga seperti di Situ Rawa Kalong, Situ Rawa Besar, Situ Cilodong, Situ Sawangan dan Situ Bojongsari.
Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Situ yang ada di Kota Depok menjadi pilihan favorit warga untuk berwisata liburan Lebaran Idul Fitri 1444 H. Beberapa situ ramai dikunjungi warga seperti di Situ Rawa Kalong, Situ Rawa Besar, Situ Cilodong, Situ Sawangan dan Situ Bojongsari.

Warga menikmati pemandangan situ dan permainan air dan main perahu bebek yang disediakan di beberapa situ yakni di Situ Rawa Kalong, Situ Cilodong, Situ Sawangan dan Situ Bojongsari.

Seorang pengujung Situ Rawa Kalong yang berada di kawasan Kecamatan Cimanggis, Syaiful mengaku mengajak anak-anaknya berwisata setelah bersilahturahmi lebaran bersama keluarga mengunjungi kediaman saudara dan kerabat.

"Kebetulan lewat, kami berhenti dan beristirahat menikmati pemandangan. Anak-anak senang bermain wahana air yang disediakan dan terutama bermain perahu bebek," ujarnya, Senin (23/04/2023).

Ketua Pokdarwis Situ Rawa Kalong, M Nurdin mengatakan, selama tiga hari Lebaran Idul Fitri 1444 H, diperkirakan setiap harinya ratusan pengunjung berwisata ke Situ Rawa Kalong.

"Berwisata ke Situ Rawa Kalong gratis, kecuali menyewa perahu bebek, perahu mobil dan perahu kano. Warga juga bisa menikmati situ dengan menaiki jembatan apung atau menikmati keteduhan pepohonan serta menunggu datangnya matahari terbenam," jelasnya.

Keunggulan wisata Situ Rawa Kalong ada floating deck atau jembatan apung. Bentuknya memanjang dengan warna biru paling banyak mendominasi. Keunikannya yang mengapung di atas air membuat orang-orang tertarik untuk berfoto di atas jembatan ini.

Dalam satu hari jembatan apung terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dari Pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Sementara sesi kedua dimulai Pukul 15.00 sampai 17.00 WIB.

Kemudian untuk per sesi pengujung dibatas waktu 30 menit.Situ Rawa Kalong bisa berolahraga jogging dan memancing, dan menjadi spot foto yang menarik dengan panorama situ yang dikelilingi pepohonan rindang.

Fasilitas penunjang di Situ Rawa Kalong sudah memadai, tersedia tempat parkir, toilet, tempat makan, dan pedestrian. Menariknya lagi terdapat taman mural bergambar kartun karakter orang di sepanjang jalan pedestrian.

Di Situ Rawa Besar di Pancoran Mas dan di Situ Sawangan serta Situ Bojongsari juga dikunjungi ratusan warga setiap harinya selama libur lebaran. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image