Home > Edukasi

Untuk Warga Depok, Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman

Pemkot Depok membagikan tips untuk warga melalui medsos dalam melaksanakan mudik yang aman dan nyaman.
Flyer imbauan untuk warga Kota Depok yang melakukan mudik lebaran aman dan nyaman.

ruzka.republika.co.id--Kota Depok sebagai kota tujuan perantau, libur lebaran menjadi momen mudik ke kampung halaman untuk bertemu keluarga melepas rindu. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membagikan tips untuk warga melalui sosial media (medsos) dalam melaksanakan mudik yang aman dan nyaman.

"Perlu diingatkan untuk warga di Kota Depok agar dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman. Salah satunya memperhatikan hal-hal kecil saat meninggalkan rumah," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto, Selasa (18/04/2023).

Menurut Manto, sebelum melakukan perjalanan mudik agar lapor RT agar diketahui masyarakat setempat. Titipkan rumah kepada tetangga yang tidak bepergian.

"Wajib melaporkan kepergian mudik ke RT setempat dan titip rumah kepada masyarakat yang tidak bepergian. Hal ini penting untuk memastikan keamanan rumah," terangnya.

Kemudian, lanjut Manto, pastikan mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik, agar menghindari adanya arus pendek listrik yang bisa mengakibatkan konsleting bahkan kebakaran. Nyalakan lampu penerangan seperlunya, agar tetap terpantau situasinya.

Terakhir, isi token atau bayar tagihan listrik terlebih dahulu sebelum bepergian untuk menghindari listrik padam. "Mudah-mudahan dengan tips sederhana ini, bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama pemilik meninggalkan rumah saat mudik," harapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image