Home > Komunitas

PMI Depok Jamin Stok Darah Aman hingga Lebaran Idul Fitri 1444 H

Layanan donor darah tetap dibuka selama Ramadhan agar ketersediaan tetap aman hingga setelah Lebaran Idul Fitri 1444 H.
Mobil unit layanan donor darah PMI.

ruzka.republika.co.id--Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok memastikan stok darah aman hingga Lebaran Idul Fitri 1444 H. Hal itu dikarenakan sejak jauh-jauh hari sudah melakukan berbagai cara dalam menjaga ketersediaan stok darah.

"Bahkan, layanan donor darah tetap dibuka selama bulan Ramadhan agar ketersediaan darah tetap aman hingga akhir April atau setelah Lebaran Idul Fitri 1444 H," ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz di Kota Depok, Senin (10/04/2023).

Ia menambahkan, layanan donor darah agar stok tetap terjaga sudah dilakukan sejak Januari-Maret 2023. "Kami sudah kebut untuk ketersedian darah di bulan Ramadhan. Insya Allah, untuk bulan April dan Mei ini stok darah aman. Bulan ini pun kami masih kejar dengan program Mobile Unit (MU) dengan menyasar rumah ibadah,” jelasnya.

Menurut Dudi, jumlah kantong darah yang tersedia saat ini ada sebanyak 1.303 kantong darah, yang terdiri dari semua jenis golongan. Seperti, golongan A sebanyak 150 labu darah, golongan B sebanyak 471 labu, golongan O sebanyak 579 dan golongan darah AB sebanyak 103.

"Walaupun aman, bulan Ramadhan kami tetap roadshow ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal untuk melakukan donor darah. Jemput bola donor darah," terangnya.

Lanjut Dudi, jumlah kantong darah saat ini masih mencukupi, namun tetap terus berharap sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darah untuk kepentingan sesama “Mudah-mudahan, usai lebaran, stok darah masih tetap aman,” harapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image