Home > Edukasi

Istri Wali Kota Depok Ajak Warga Bersedekah di Ramadhan, Ungkap Keutamaan Jadi Dermawan

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah, terlebih di saat bulan Ramadhan.
Istri Wali Kota Depok, Elly Farida beri tausiah Ramadhan bertema Bersedekah dan Kedermawanan di kanal youtube pribadinya.

ruzka.republika.co.id--Dari Anas r.a. dikatakan, "Wahai Rasullullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?" Rasulullah SAW menjawab, "Sedekah di bulan Ramadhan." (HR At-Tirmidzi).

Istri Wali Kota Depok yang juga selaku Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida kembali menyampaikan tausiah Ramadhan pada program Sapa Bunda atau Setiap Pagi Berbagi Ilmu di Bulan Ramadhan. Kali ini Sapa Bunda episode 13 mengusung tema Kedermawanan.

Dalam tausiyah singkat tersebut, Bunda Elly, sapaan akrab istri Wali Kota Depok ini, menyampaikan bahwa kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati dan batin orang-orang beriman. Sebab, banyak keutamaan yang ditawarkan di bulan ini yaitu pahala begitu diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu.

"Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan yaitu bersedekah," kata Bunda Elly dalam program Sapa Bunda Episode 13 di kanal youtube pribadinya yang tayang pada (04/04/2023).

Menurut Bunda Elly, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah, terlebih di saat bulan Ramadhan. Demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin yaitu menjadi dermawan.

Allah dan rasulnya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta murah hati. Sebagaimana hadits Rasulullah, "Sesungguhnya Allah maha memberi ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, ia membenci akhlak yang buruk." (Hadits Riwayat Al Baihaqi).

"Dari hadits inilah dapat diambil kesimpulan, pelit bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin yang sejati. Begitu pula sifat suka meminta-minta bukanlah ciri seorang mukmin, Bahkan, sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi," ungkap Bunda Elly.

Sebagaimana Rasulullah bertutur, "Al yadul Ulya Khairun Minal Yudis Suflaa." Artinya, tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang dibawah. Tangannya di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang di bawah adalah orang yang meminta. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dalam Al-Qur'an ditegaskan, sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah akan lipat gandakan ganjarannya pahalanya kepada mereka dan bagi mereka pahala yang begitu banyak. (Alquran Surat Al-Hadid ayat 18).

"Mumpung kita berada di bulan baik, bulan Ramadhan waktu yang sangat tepat untuk menggapai semua privillage yang Allah berikan kepada kita. Tak salah untuk selalu memberi kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita dan menebar kebaikan dengan berharap keridhoan-Nya," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image