Home > News

KPU Depok Buka Pendaftaran Calon Legislatif Tingkat Kota 24 April 2023

Sehari Lebaran Idul Fitri Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok membuka pendaftaran calon anggota legislatif di Pileg 2024 nanti.
Ketua KPU Depok Nana Sobarna (pegang mic) saat menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP Pemilu 2024 di kantor Kecamatan Sawangan. (Foto: Supriyadi)

ruzka.republika.co.id - Sehari Lebaran Idul Fitri Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok membuka pendaftaran calon anggota legislatif di Pileg 2024 nanti.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Depok Nana Sobarna. Ia mengatakan pendaftaran calon anggota DPRD tingkat kota akan dibuka pada 24 April 2023.

“KPU Depok akan membuka pendaftaran calon anggota DPRD tingkat kota pada 24 April 2023. Tanggal 23 sehari lebaran kita mulai buka,” kata Nana Sobarna, Senin (03/04/2023).

Baca juga: Terhindar dari Sifat Kikir adalah Orang yang Beruntung

Ia memperkirakan ada 900 orang calon DPRD tingkat kota yang mendaftar karena ada 14 partai politik yang mengikuti pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

Di mana kursi di DPRD Kota Depok hanya 50 orang yang terpilih di pemilihan legislating nantinya.

“Parpol saat ini sedangkan mempersiapkan, ada 50 calon (yang duduk di DPRD Depok) dikali 14 parpol ada 900 orang yang berkompetisi di Pileg 2024 nanti,” ungkap Nana Sobarna.

Baca juga: Safari Ramadhan Wakil Wali Kota Depok, Ajak Warga Konversikan Uang Jadi Pahala

KPU Depok Rapat Pleno DPHP Pemilu 2024

Rapat pleno terbuka Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) Pemilihan Umum Tahun 2024

Saat ini sambung Nana Sobarna semua PPK sedang rapat pleno terbuka Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) Pemilihan Umum Tahun 2024 digelar secara serentak di Kota Depok.

Nana Sobarna menjelaskan rapat pleno DPHP untuk pemuktahiran data pemilih yang sudah direkap di tingkat PPS atau tingkat kelurahan.

Baca juga: Pemkot Depok Targetkan Pembangunan Alun-Alun Wilayan Barat Dikerjakan Tahun Ini

"Rapat pleno DPHP serentak di Depok. Rapat pleno terbuka memastikan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Rapat pleno tindak lanjut pemuktahiran. Pantarlih yang direkap di PPS tingkat kelurahan," kata Nana Sobarna.

Setelah melaksanakan rapat pleno terbuka DPHP dilanjutkan untuk penetapan daftar pemilih sementara (DPS).

Rapat pleno terbuka tingkat kota untuk penempatan DPS dilaksanakan pada 5 April 2023.

"Setelah ini ditingkatan kecamatan, selanjutnya di tingkat kota dilaksanakan rapat pleno terbuka untuk penetapan DPS," kata Nana Sobarna.

Baca juga: Begini Proses Pembuatan Film, Berikut Tahapannya

Nana Sobarna mengatakan proses menjadi data pemilih tetap (DPT) masih panjang.

Untuk itu proses yang berjalan ini data pemilih bisa diperbaiki.

"Artinya kalau di tengah ada yang belum masuk, tercantum bisa disampaikan manual PPS atau online dptonline.co.id . Masih ada kesempatan untuk disampaikan. Rapat pleno belum menjadi akhir, masih proses. Selain melakukan rapat pleno," tutur Nana Sobarna.

Ia berharap warga Depok bisa terus mengikuti perkembangan dari proses tahapan yang berjalan. Sehingga bagi warga yang belum terdaftar bisa disampaikan ke petugas.

"Kita menginginkan dari kegiatan dihasilkan daftar pemilih akurat, mutakhir, update, yang kemudian berkualitas," kata dia.

Baca juga: Pegadaian dan Dukungan Keberadaan UMKM sebagai Pilar Ekonomi Bangsa

"Belum ketahuan jumlahnya. Makanya sekarang ini tingkat kecamatan dilakukan. Nanti ketahuan rapat pleno ditingkatan kota, berapa jumlah TPS di Depok. Setelah tetapkan di tingkat kota," pungkasnya.(Supriyadi)

× Image