Home > Gaya Hidup

Tembus 4 Besar Dunia, Ini Manfaat Pempek untuk Kesehatan

Pempek bukan sekadar rasa tapi juga bermafaat untuk kesehatan tubuh.
Pempek makanan khas Pelembang, Sumatera Selatan

ruzka.republika.co.id - Indonesia kaya akan kuliner. Berbagai menu sehat tersaji. Bahkan pempek Palembang, Sumatera Selatan menembus lima besar dunia.

Situs TesteAtlas, 14 Maret 2023, merilis 100 makanan seafood terenak di dunia. Ada ratusan makanan dari berbagai negara yang dipilih. Salah satunya pempek dari Indonesia yang menempati posisi ke-4 dunia.

TasteAtlas merupakan situs kuliner sekaligus panduan travel yang mengulas budaya dan kuliner di berbagai negara. Sebelumnya, TasteAtlas juga pernah menilai rendang, gado-gado, sate hingga nasi goreng.

Kini, pempek makanan khas Palembang menjadi perhatian situs tersebut. Makanan olahan dari ikan tenggiri atau ikan belida dinilai memiliki kelezatan yang tak tertara.

Kelezatannya mengalahkan makanan seafod dari Jepang (Naguro Nigiri Sushi), Korsel (Gamhci Gimbap), Amerika (Tuna Tartare) hingga Chili Crab Singapura.

Beberapa jenis empek-empek dibagi berdasarkan isi dan cara pengolahannya. Di antaranya adalah pempek bulat (ada'an), telur besar (kapal selam), telur kecil, kulit, keriting, lenjer, pistel, dan udang.

Di balik popularitasnya yang mendunia, pempek ternyata juga sangat baik untuk kesehatan.

Apa manfaat makan pempek bagi kesehatan?

Bahan utama pempek bisa dari jenis ikan apa saja. Sedangkan bahan pendampingnya, tepung tapioka / singkong.

Ikan sendiri mengandung berbagai macam vitamin (vitamin A, D, B1, B2, B3), mineral (kalsium, fosfor), serta asam lemak tak jenuh (omega, yodi4LZum, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, coenzyme). Sementara tepung tapioka mengandung karbohidrat dan fosfor.

Berikut ini beberapa manfaat makan pempek bagi kesehatan kita.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Ikan memiliki kandungan fosfor, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), dan tiamin (vitamin B1) yang tinggi. Senyawa-senyawa tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit yang berkenaan dengan jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Niasin juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Ditambah dengan riboflavin yang bisa meminimalisir resiko anemia serta mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Kandungan vitamin B3 dan fosfor dalam daging ikan mampu menjaga kesehatan saraf dan fungsi otak kita. Sementara kandungan tiamin dapat menunjang fungsi berpikir.

3. Menjaga kesehatan kulit

Niasin dan protein berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mengurangi resiko timbulnya jerawat. Sedang riboflavin memiliki manfaat mencegah penuaan dini.

4. Mencegah depresi

Kandungan tiamin dalam ikan bermanfaat untuk meminimalisir stress serta memperbaiki mood. Sementara kandungan riboflavin bisa menyembuhkan sakit kepala atau migrain. Secara tidak langsung, mengkonsumsinya secara rutin bisa menghindarkan kita dari depresi.

5. Menjaga kesehatan otot dan tulang

Kandungan fosfor dan protein dalam daging ikan dapat memperkuat otot, mencegah resiko osteoporosis, membantu pertumbuhan tulang, serta mengatur kontraksi otot dan detak jantung. Sementara vitamin B3 membantu memelihara pertumbuhan sel-sel organ tubuh, sedang protein berkhasiat dalam pembentukan massa otot.

Manfaat lainnya

Beberapa manfaat lain mengkonsumsi pempek yang berbahan dasar daging ikan di antaranya adalah mencegah diabetes, meningkatkan nafsu makan, sumber energi bagi tubuh, melancarkan pencernaan, mengurangi resiko sembelit, mengurangi resiko obesitas, serta memulihkan metabolisme tubuh.*

× Image