Home > Olahraga

Kejutan, Dendy Sulistyawan Jadi Kapten Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong acap memberikan kepercayaan kepada Fachruddin Aryanto atau Asnawi Mangkualam.
Dendy Sulistyawan menjadi kapten tim nasional Indonesia. Foto PSSI.

ruzka.republika.co.id - Dendy Sulistyawan diangkat sebagai kapten tim nasional Indonesia. Dia mengenakan ban oranye di lengannya saat melawan Burundi pada FIFA Matchday, Selasa (28/3/2023) malam.

Penampakan Dendy memakai ban kapten menarik perhatian. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong acap memberikan kepercayaan kepada Fachruddin Aryanto atau Asnawi Mangkualam.

Tapi, kali ini justru striker Dendy yang menjadi jenderal lapangan tengah. Shin Tae-yong tentu tidak serta merta memberinya tanggung jawab. Pelatih asal Korsel itu punya alasan tersendiri memilih penyerang milik Bhayangkara FC itu.

"Memang sebelumnya Fachruddin yang jadi kapten dan dia memimpin dengan baik," kata pelatih asal Korea Selatan itu usai laga.

"Tapi dia tak bisa main. Jadi saya tunjuk Dendy, ya saya berharap dia bisa jadi lebih baik. Jujur tak ada arti besar di balik itu."

Adapun ban kapten tidak berada di lengan penyerang berusia 26 tahun itu sepanjang pertandingan, sebab akhirnya berpindah tangan.

Yakni diberikan kepada Asnawi, saat bek Jeonnam Dragons itu dimasukan di menit ke-59 untuk menggantikan Pratama Arhan.

Menariknya, berselang dua menit ketika sudah tidak menjadi kapten, Dendy malah bisa berkontribusi untuk gol pasukan Garuda.

Ia memberikan assist untuk gol yang diciptakan oleh Witan Sulaeman, yang sempat membuat timnas Indonesia unggul atas Burundi.

Sementara itu pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga tersebut berkesudahan dengan skor sama kuat 2-2.

Pasukan Garuda sempat berbalik tertinggal, sebelum Jordi Amat menciptakan gol penyama kedudukan pada menit ke-90+4.*

× Image