Home > Ekonomi

Momentum Ramadhan, Rahasia Kesuksesan Djatie Hijabqueen Tingkatkan Penjualan Produk Hijab

Tingginya daya beli masyarakat di Ramadhan khususnya industri tekstil dan pakaian menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.
Ramadhan jadi momentum peningkatan penjualan produk hijab Djatie Hijabqueen.

ruzka.republika.co.id--Menurut laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Kwartal II Tahun 2022 industri tekstil dan pakaian mengalami pertumbuhan hingga 13,7 persen di bulan Ramadhan, dan ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan industri lainnya seperti makanan dan minuman yang hanya tumbuh 3,7 persen.

Tingginya daya beli masyarakat di bulan Ramadhan khususnya industri tekstil dan pakaian menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pelaku UKM di Indonesia, dan salah satu UKM yang sukses memanfaatkan momentum Ramadhan dan berhasil meningkatkan penjualan hingga 200 persen adalah Djatie Hijabqueen.

Djatie Hijabqueen merupakan salah satu shipper Ninja Xpress yang menjual berbagai produk jilbab dengan kualitas tinggi dan memiliki keunikan tersendiri berbeda dengan jilbab biasa yang dijual di pasaran.

Dalam hal ini Djatie Hijabqueen menghadirkan produk Jilbab lukis yang bisa didesain sesuai dengan keinginan konsumen.

Untuk memaksimalkan potensi bisnis menjelang Ramadhan, Manager Keuangan Djatie Hijabqueen, Putri Amalia Zahara menyambut peluang ini dengan strategi khusus bagaimana memanfaatkan momentum Ramadhan untuk meningkatkan penjualan dan memperoleh pendapatan yang maksimal.

"Beberapa tip yang di sampaikan antara lain, Menjual produk sesuai Kebutuhan Ramadhan, dimana pada bulan ini umat muslim akan memperbanyak aktivitas keagamaan, sehingga penting untuk pelaku UKM memahami kebutuhan-kebutuhan dari umat muslim di bulan Ramadhan," ujar Putri, Sabtu (25/03/2023).

Lanjut Putri, beberapa diantaranya adalah peralatan sholat, pakaian muslim dan muslimah, sampai dengan menyediakan set pakaian keluarga sehingga dapat menjual produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan momentum Ramadhan.

Kemudian Tentukan target konsumen yang jelas merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berjualan, dengan mengetahui target konsumen, UKM dapat menyasar pasar yang tepat sehingga dapat membantu efisiensi secara sumber daya dan juga biaya.

Adapun target konsumen dapat ditentukan berdasarkan gender, usia, daerah, kebiasaan belanja, sampai dengan pendapatan perbulan.

"Menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang merupakan harapan setiap pelaku usaha, sehingga penting untuk pelaku UKM dalam membangun interaksi dua arah dengan konsumen, dan pelaku UKM tidak hanya fokus pada penjualan dengan mencari calon pembeli baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan loyal dengan menjalin komunikasi dua arah ataupun memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli," jelasnya.

Dia menambahkan, sesekali, UKM juga dapat memberikan apresiasi kepada pelanggan loyal yang setia berbelanja di toko anda dengan memberikan merchandise atau memberikan kemudahan dengan diskon biaya ongkir untuk pembelian pertama.

"Kemudian menyiapkan stok barang beberapa bulan sebelum Ramadhan, sebab tingginya pembelian pakaian baru ketika Rsmadhan sejalan dengan tingginya kebutuhan stok produk, sehingga penting untuk para pelaku UKM sudah menyiapkan produk yang akan di jual ketika Ramadhan 1-2 bulan sebelum hari raya Idul Fitri, sehingga produk tetap tersedia dan siap untuk dikirimkan kepada pelanggan," terangnya.

Menurut Putri, memaksimalkan promosi produk melalui berbagai platform. Berdasarkan data dari Suara UKM Negeri vol. 2 Ninja Xpress, satu dari tiga pelaku UKM melakukan live selling untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan interaksi dua arah antara penjual dan juga pembeli.

Saat ini platform media sosial dan juga e-commerce sudah menyediakan fitur live selling yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas audiens yang bisa dituju, jika Anda kesulitan dalam melakukan live selling secara profesional, Anda dapat menggunakan layanan Creative Business Solution dari Ninja Xpress.

Terakhir tentukan pengiriman yang membantu paket sampai tepat waktu dengan memiilih partner pengiriman yang terpercaya. Hal ini meliputi beberapa hal seperti, memerhatikan estimasi waktu pengiriman yang diberikan oleh perusahaan pengiriman.

Lalu pilih layanan yang menawarkan waktu pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan pengiriman yang cepat, Anda dapat memilih opsi pengiriman kilat yang disediakan. Lalu, gunakan layanan pelacakan untuk mengawasi perjalanan paket Anda.

Layanan pelacakan dapat membantu Anda memastikan bahwa paket Anda berada di jalur yang tepat dan dapat tiba tepat waktu. Untuk memastikan paket sampai dengan baik dan sesuai, Anda juga dapat menggunakan opsi asuransi juga memastikan alamat pengiriman sudah benar dan sesuai.

"Ramadhan merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu, pelaku usaha khususnya di bidang fashion harus memanfaatkan momentum Ramadhan dengan baik dengan menggunakan strategi yang tepat sehingga dapat meningkatkan penjualan," pungkas Putri. (Kusbiantroro/Rusdy Nurdiansyah)

× Image