Home > Komunitas

Walaupun Puasa, Bisakah Kok Lakukan Donor Darah, Ini Waktunya yang Tepat

Terdapat waktu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat serta bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.
PMI Kota Depok imbau warga tetap lakukan donor darah walaupun sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

ruzka.republika.co.id--Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, masyarakat yang mau mendonorkan darahnya masih bisa kok. Namun, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat serta bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Kami tetap mengimbau masyarakat untuk mendonorkan darahnya, walaupun sedang berpuasa. Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama puasa bulan Ramadhan bisa di pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat," ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi'raz, Jumat (24/03/2023).

Menurut Dudi, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI Kota Depok. Terlebih saat puasa bulan Ramadhan.

"Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa. Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya dengan lakukan donor darah," jelasnya.

Lanjut Dudi, untuk melakukan donor darah di bulan puasa Ramadhan bisa dilakukan dengan mengatur waktu. Untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00-20.30 WIB.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok. Maka besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya. Tentu PMI Kota Depok harus dapat menjaga keberadaan stok darah," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image