Home > News

Ular Kobra Panjang 1,5 Meter Dievakuasi Petugas Damkar di Saluran Air Rumah Warga Depok

Ular jenis kobra berhasil dievakuasi petugas Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok di saluran air rumah warga Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis
Ilustrasi. Ular Kobra Panjang 1,5 Meter Dievakuasi Petugas Damkar di Saluran Air Rumah Warga Depok. Foto:Foto: Republika/Edi Yusuf

ruzka.republika.co.id - Ular jenis kobra berhasil dievakuasi petugas Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok di saluran air rumah warga Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis.

Kabid Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos mengatakan, ular berbisa itu panjang 1,5 meter.

“Jenis ular kobra, dievakuasi di saluran rumah warga panjangnya 1,5 meter,” kata Welman Naipospos, Kamis (09/03/2023).

Baca juga: Pemerintah Kota Depok Minta BPJT Lebarkan Jalan Raya Sawangan untuk Kurangi Kemacetan

Saat mengevakuasi ular berbisa itu kata Welman Naipospos petugas sangat hati-hati karena resiko digigit.

Sebab ular yang dievakuasi diperkirakan masih kecil sehingga ketika mengigit mengeluarkan bisanya yang cukup banyak.

“Petugas kami langsung masukan ular kobra itu ke boks. Karena khawatir dipatuk dan bisa racun ularnya keluar banyak. Ini bahaya buat petugas,”katanya.

Peristiwa itu terjadi pada hari Selasa (7/3), pukul 21.20 WIB. Ular dapat dievakuasi pukul 22.20 WIB dengan cara langsung dimasukkan ke dalam boks.

Baca juga: Lirik Lagu Terlalu Cinta - Rossa

Welman menyampaikan muncul banyaknya ular saat ini karena habitatnya terganggu oleh aktivitas manusia sehingga ular itu mencari sumber makanan dan tempat tinggal yang nyaman di permukiman warga.

"Karena terdesaknya ular sekarang habitatnya sehingga ular itu berupaya masuk ke permukiman ya. Apa yang mereka cari, pertama sumber makanan, kenyamanan untuk tinggal karena habitat mereka sudah rusak ya oleh aktivitas manusia," pungkasnya. (Supriyadi)

× Image