Home > News

Pemkot Depok Buka Program Bantuan Biaya Magang di Jepang

Pemerintah Kota Depok memberi bantuan biaya magang di Jepang di tahun ini. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono. Ia mengatakan bantuan biaya program magang di Jepang diberikan untuk 10 orang terpilih.
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono. Istimewa.

ruzka.republika.co.id - Pemerintah Kota Depok memberi bantuan biaya magang di Jepang di tahun ini.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono. Ia mengatakan bantuan biaya program magang di Jepang diberikan untuk 10 orang terpilih.

"Bagi warga Kota Depok yang ingin mengikuti program ini dapat mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja (Dianaker) Kota Depok. Nanti, akan diseleksi dan yang terpilih dapat mengikuti pelatihan di PT Japan Indonesian Economic Center (JIEC) sebagai persiapan sebelum magang ke Jepang," ungkap Imam Budi Hartono, Selasa (14/2/2023) di melalui keterangannya.

Bantuan biaya program magang di Jepang pria yang akrab disapa bang Imam menyebutkan sebesar Rp10 juta selama empat bulan.

Sebut Imam Budi Hartono di Jepang tersedia banyak lowongan pekerjaan. Tentunya, dengan gaji yang cukup baik, sekitar Rp 15 - 17 juta.

"Jika bisa hemat setiap bulannya dapat membawa pulang ke Indonesia sekitar Rp 5 juta. Peluang ini terbuka bagi lulusan SMA Sederajat, yang ingin berpetualang dan bekerja di Jepang selama tiga tahun," katanya.

Bang Imam menambahkan, pada pemberangkatan terakhir, hanya ada dua orang warga dari Depok.

Baca juga: Kecanduan Paylater dan Konsumtif Ancam Generasi Muda Sulit Punya Rumah

Baca juga: Cemilan, Ini Cara Buat dan Resep Pisang Goreng Krispi

Menurutnya, dengan kuota dan pera ada bluang yang cukup besar, jumlah tersebut masih sangat sedikit.

Walaupun, imbuhnya, hingga saat ini sudah sekitar 100 orang lebih warga Kota Depok alumni pelatihan pemangangan yang sudah diberangkatkan.

Sebagian sudah kembali, dan tersisa sekitar 50 orang yang masih bekerja di Jepang.

"Semoga Pemkot Depok bisa terus bekerja sama dengan PT JIEC dalam mengatasi pengangguran yang ada di Kota Depok sekitar 7 persen,"pungkas Bang Imam.(Supriyadi)

× Image