Home > News

Bulan Vitamin A di Depok Sasar 112.835 Balita, Perkuat Kekebalan Tubuh

Seluruh anak usia 6-59 bulan di Kota Depok harus mendapatkan vitamin A untuk kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melaksanakan Bulan Vitamin A dengan sasar 112.835 bayi dibawah lima tahun (Balita).

ruzka.republika.co.id--Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan setiap bulan Februari sebagai Bulan Vitamin A. Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melaksanakan Bulan Vitamin A dengan sasar 112.835 bayi dibawah lima tahun (Balita).

"Total penerima vitamin A kali ini sebanyak 112.835 balita. Dengan rincian, usia 6-11 bulan 11.476 anak dan usia 12-59 bulan 101.359 anak," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Jumat (03/02/2023).

Menurut Mary, seluruh anak usia 6-59 bulan di Kota Depok harus mendapatkan vitamin A untuk kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. "Vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak," terangnya.

Selain itu, lanjut Mary, vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. "Apabila anak kekurangan vitamin A, maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare," jelasnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, kapsul vitamin A ini bisa didapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan. Seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Pengobatan, Praktek Dokter, atau Bidan Praktek Swasta.

"Juga diberikan melalui pelayanan pada Posyandu," tuturnya.Dia menjelaskan, untuk pemberian vitamin A dosisnya disesuaikan dengan usia anak. Bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

“Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak,” pungkas Mary. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image