Home > News

Uji Coba Fungsional Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut, Gratis Selama Nataru

Ruas jalan Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3,5 kilometer tersebut di uji coba fungsional pada Ahad 24 Desember 2022 hingga 03 Januari 2023, mulai pukul 08.00-17.00 WIB.
Pintu Tol Kukusan-Krukut Jalan Tol Cijago Seksi 3A.

ruzka.republika.co.id--Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sudah tersambung dengan Tol Depok-Antasari (Desari). Ruas jalan Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3,5 kilometer tersebut di uji coba fungsional pada Ahad 24 Desember 2022 hingga 03 Januari 2023, mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Selama uji coba fungsional berlangsung pengendara tidak dipungut bayaran alias gratis selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Informasi yang diperoleh dari surat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut sudah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 14-18 Desember 2022 lalu.

Untuk jalur fungsional selama libur Nataru, dapat digunakan di 2 jalur 2 arah, Junction Krukut Ramp 3 (Antasari-Kukusan) dan GT Krukut 3, Junction Krukut Ramp 5 (Kukusan-Antasari) dan GT Krukut 5.

Ada 7 jalan tol baru yang di uji coba fungsional yang rencananya segera diresmikan yakni Jalan Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Bacakayu), Tol Jakarta-Cikampek Selatan (Japek Selatan), Tol Ciawi-Sukabumi, Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Kuala Tajung-Tebing Tinggi-Parapat dan Tol Semarang-Demak.

"Kegiatan operasional jalur fungsional tidak dikenakan tarif dan dapat dilaksanakan dengan ketentuan golongan kendaraan yang dapat melewati yakni kendaraan golongan 1 non bus dengan kecepatan maksimum 60 km/jam atau sesuai masing-masing ruas," ujar Kepala BPJT, Danang Parikesit dalam surat BPJT Kementerian PUPR, 23 Desember 2022.

Warga Kota Depok menyambut gembira dengan telah tersambungnya Tol Cijago dengan Tol Desari dan berharap juga segera tersambung dengan Tol Serpong-Cinere (Sercin).

"Alhamdulillah, dengan tersambungnya Tol Cijago dengan Tol Desari akan lebih memudahkan dan lebih cepat saya menuju Bandara Soekarno-Hatta. Tidak perlu mutar-mutar lagi. Untuk menuju Blok M juga lebih mudah dan cepat," ujar Feru Lantara, seorang wartawan senior Kantor Berita Antara yang berdomiisli di Kalimulya, Kota Depok.

PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) merupakan operator Jalan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km yang dibagi dalam tiga seksi yakni Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi 2 dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi 3 Kukusan ke Cinere sepanjang 5,3 Km yang dibagi dalam dua yakni Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3,3 Km dan Seksi 3B Krukut-Cinere sepanjang 2 Km.

Saat ini Tol Cijago yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sudah tersambung dengan interchange atau Junction Tol Depok-Antasari (Desari) di Krukut. Dan, selanjutnya, pelaksanaan pembangunan dilanjutkan dari Junction Cijago-Desari yang berada di Krukut Limo menuju Cinere sepanjang 2 Km.

Nantinya, Tol Cijago akan tersambung dengan ruas Tol Cinere-Serpong Jaya (CSJ) atau Serpong-Cinere (Sercin) yang merupakan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 yang menghubungkan Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Jalan Tol Cijago memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas ke-6 ruas jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II terdiri atas ruas Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,2 km, Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 Km, Serpong-Cinere sepanjang 10,1 km, Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km, Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,2 km, dan Cibitung-Cilincing sepanjang 34,8 km. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image