Home > News

Pemkot Depok akan Bangun SMPN 34 di Pondok Cina, Ini Penampakannya

Lokasi SMPN 34 Pondok Cina sudah ditetapkan yakni di Kampung Poncol.
Ini penampakan SMPN 34 Pondok Cina di lokasi Kampung Poncol.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berencana membangun gedung sekolah negeri baru, SMPN 34 di Pondok Cina. Rencana pembangunan SMPN 34 di sambut gembira warga Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Pondok Cina, Munir mengatakan, lahan untuk SMPN 34 sudah ada.

"Kami sudah lama mengusulkan adanya SMPN di wilayah Pondok Cina, karena memang belum ada. Alhamdulillah di respon pihak Disdik Kota Depok yang akan segera membangun gedung SMPN 34," ujar Munir, Rabu (07/12/2022).

Menurut Munir, lokasi SMPN 34 Pondok Cina sudah ditetapkan yakni di Kampung Poncol. "Infonya akan segera dibangun pada 2024 dan lokasinya di Kampung Poncol. Cukup respentative jauh dari keramaian sehingga nantinya siswa bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan aman dan nyaman,” tuturnya.

Munir mengungkapkan, selama ini lulusan siswa dari SD dan Madrasah di Pondok Cina untuk melanjutkan ke SMPN cukup jauh karena harus menyeberang Jalan Margonda dan menyeberangi Sungai Ciliwung ke arah Sukmajaya dan Cimanggis.

"Saat ini di Kecamatan Beji baru ada dua SMPN yakni SMPN 5 dan SMPM 26. Dari dua SMPN tersebut, siswa di SD di Pondok Cina tidak bisa masuk karena terkendala dengan sistem zonasi," terangnya.

Sekretaris Disdik Kota Depok, Sutrano mengatakan pembangunan gedung SMPN 34 Pondok Cina akan dilakukan pada 2024 mendatang.

"Untuk pembebasan lahan sudah dianggarkan pada 2023," ucapnya. Lanjut Sutarno, pihaknya sudah mengusulkan lahan yang dibebaskan untuk pembangunan gedung SMPN 34 Pondok Cina melalui surat bernomor 421.2/12791/Bid.Pemb.SD/2022 tertanggal 19 Oktober 2022 yang salinannya diterima Tempo, Senin 14 November 2022.

"Nantinya SMPN 34 Pondok Cina yang berlokasi di Kampung Poncol akan menampung siswa lulusan SD di Pondok Cina," tegasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image