Home > Gaya Hidup

Begini Cara Cek Keaktifan Kepesertaan BPJS Kesehatan, Cukup Pakai HP

Warga tidak perlu bingung dan khawatir apabila ingin mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Cukup menggunakan handphone (HP) dengan menghubungi nomor 08118750400, kemudian telegram di @ChikaBPJSKesehatanbot dan Facebook Messenger BPJS Kesehata
Ilustrasi. Begini cara Pengecekan keaktifan kepesertaannya di BPJS Kesehatan melalui program Chat Assistant JKN (CHIKA) cukup pakai HP. Dok. BPJS Kesehatan Depok

ruzka.republika.co.id – Warga tidak perlu bingung dan khawatir apabila ingin mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Cukup menggunakan handphone (HP) dengan menghubungi nomor 08118750400, kemudian telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot dan Facebook Messenger BPJS Kesehatan.

Pengecekan keaktifan kepesertaannya di BPJS Kesehatan melalui program Chat Assistant JKN (CHIKA).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Depok Elisa Adam mengatakan, cara mengecek status kepesertaan dan status tagihannya bisa lewat aplikasi CHIKA.

“Warga Depok tidak perlu bingung dan khawatir apabila ingin mengecek keaktifan kepesertaannya di BPJS Kesehatan, hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan Chat Assistant JKN (CHIKA) sehingga tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan dan bisa mengecek sendiri melalui ponselnya masing-masing," kata Elisa Adam, Senin (21/11/2022).

Elisa melanjutkan mengecek kepesertaan dapat dilakukan dengan pertama memilih menu cek status peserta lalu ketik Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu JKN masing-masing.

"Lalu lengkapi dengan tanggal lahir dengan format yang ditentukan maka selanjutnya CHIKA akan menjawab status kepesertaannya," tuturnya.

Tidak hanya itu Elisa juga turut menghimbau bagi warga Depok yang belum mendaftarkan dirinya ke Program JKN melalui berbagai kanal yang sudah disediakan selama ini, baik itu Pandawa di nomor 08118165165, Aplikasi Mobile JKN, atau datang ke lokasi Mobile Customer Service (MCS) yang biasanya lokasinya di kelurahan atau kecamatan Kota Depok.(Supriyadi)

× Image