Home > Info Kampus

Telah Dibuka Pusat Kardiovaskular Terpadu RSUI untuk Masyarakat Umum

Pusat Kardiovaskular Terpadu (PKT) RSUI kini telah resmi dibuka sebagai layanan unggulan yang berfokus di bidang jantung dan pembuluh darah.
Diresmikan Pusat Kardiovaskular Terpadu untuk masyarakat umum di RSUI Depok, Kamis (27/10/2022).

ruzka.republika.co.id--Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) adalah salah satu Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang memberikan pelayanan kesehatan terpadu dan terintegrasi dengan sistem pendidikan interprofesional, mempersiapkan pembentukan berbagai pusat pendidikan-penelitian atau research institute yang akan menjadi cikal-bakal suatu pelayanan unggulan.

Pusat Kardiovaskular Terpadu (PKT) RSUI kini telah resmi dibuka sebagai layanan unggulan yang berfokus di bidang jantung dan pembuluh darah. Layanan PKT RSUI secara langsung diresmikan, Kamis (27/10/2022) dengan rangkaian acara diisi hospital tour melingkupi ruang rawat intensif jantung, poliklinik, fasilitas terapi dan diagnostik serta sarana rehabilitasi pasien dengan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, terselenggarakan juga rangkaian webinar Meet The Expert dengan tema Intensive Cardiac and Cardiovascular Emergency dengan narasumber Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUI diantaranya dr. Dian Zamroni, Sp.JP(K), Subsp.IKKV(K), KI(K), dr. Prima Almazini, Sp.JP, Subsp.Eko(K), dr. Sony Hilal Wicaksono, Sp.JP, Subsp.PKV(K), dr. Hermawan, Sp.JP, Subsp.Ar(K), dan dr. M. Arza Putra, Sp BTKV, Subsp.JD(K).

Webinar ini secara langsung diselenggarakan secara luring dan daring yang diikuti oleh perwakilan rumah sakit se-Depok, FKTP, dan dokter perusahaan.

Acara dibuka Direktur Utama RSUI Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK (K), MPH dengan menyampaikan tujuan pembentukan Pusat Kardiovaskular Terpadu RSUI.

“Angka statistik kesehatan kota Depok menunjukkan pasien dengan penyakit jantung dan pembuluh darah di kota Depok cukup tinggi. Maka dari itu, sejak akan didirikannya RSUI kami merencanakan Pusat Kardiovaskular Terpadu yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan khususnya permasalahan jantung dan pembuluh darah bagi warga Kota Depok dan sekitarnya yang membutuhkan," ujar Astuti.

Lanjut Astuti, pihaknya sudah seharusnya memfasilitasi apa yang seharusnya dilakukan. "Tak lupa kami haturkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah bersedia bekerja sama dengan RSUI dalam pelayanan Pusat Kardiovaskular Terpadu di kota Depok” tuturnya.

Sekretaris Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi, sehingga kami bisa meresmikan Pusat Kardiovaskular Terpadu yang telah direncanakan sejak sebelum didirikannnya RSUI.

"Terutama Pemerintah Kota Depok yang memberikan kepercayaan kepada rumah sakit kami sebagai rumah sakit rujukan," ucapnya.

Walikota Depok yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Depok, Bapak Drs. Sri Utomo, M.Si juga menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dan upaya dalam membangun kota Depok sebagai kota yang sehat.

“Saat ini RSUI memiliki fasilitas dan peralatan medik, ketersediaan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dokter spesialis lain dan tenaga keperawatan yang telah terdidik dan terlatih," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap RSUI dapat membantu pasien yang membutuhkan pertolongan medis dengan sebaiknya dengan prosedur yang sesuai dan tanpa diskriminasi. "Saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas beroperasinya layanan paripurna di Pusat Kardiovaskular Terpadu RSUI ini, semoga keberadaannya memberikan manfaat yang besar bagi siapapun khususnya untuk warga Depok dan sekitarnya” tuturnya.

Pusat Kardiovaskular Terpadu RSUI merupakan salah satu layanan unggulan RSUI yang dibentuk dengan kolaborasi dan keterpaduan departemen medik terkait, fasilitas dan prasarana, serta SDM yang mampu menangani berbagai jenis penyakit jantung dan pembuluh darah pada berbagai usia.

Didukung dengan dokter spesialis dan subspesialis yang kompeten serta berbagai sarana penunjang yang mutakhir.Dalam memberikan layanan terpadu sesuai yang dibutuhkan masyarakat Pusat Kardiovaskular Terpadu RSUI menyediakan layanan dan fasilitas yang komprehensif seperti Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), Cardiac HCU, fasilitas penunjang diagnostik dan terapi, layanan diagnostik non invasif, pembedahan, rehabilitasi kardiovaskular, dan Medical Check Up Jantung.

Pusat Kardiovaskular Terpadu RSUI juga melayani pasien rujukan dengan jaminan BPJS Kesehatan. Dalam hal ini, penerimaan pasien sesuai dengan sistem rujukan berjenjang berdasarkan ketentuan dari BPJS Kesehatan.

RSUI Depok akan terus berkomitmen memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan pemeriksaan dan perawatan jantung. RSUI berharap dapat bekonstribusi sebagai salah satu rumah sakit rujukan di bidang pelayanan jantung dan pembuluh darah di Indonesia. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image