Home > Edukasi

Depok Sukseskan Gerakan Aksi Bergizi Nasional di 38 Sekolah

Kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Nasional serentak dilaksanakan di 38 sekolah se-Kota Depok, Rabu (26/10/2022).
Gerakan Aksi Bergizi Nasional serentak dilaksanakan di 38 sekolah se-Kota Depok, Rabu (26/10/2022). Foto: Dok Diskominfo Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok gelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang digagas Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Nasional serentak dilaksanakan di 38 sekolah se-Kota Depok, Rabu (26/10/2022).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, gerakan ini dilaksanakan dalam rangka menekan kasus stunting di Indonesia melalui pemberian tablet penambah darah kepada seluruh remaja putri (rematri).

“Kami kunjungi langsung ke sekolah-sekolah di 11 kecamatan untuk memberikan edukasi dan mengajak rematri konsumsi tablet tambah darah (TTD) serentak,” ujar Zakiah, Kamis (27/10/2022).

Menurut Zakiah, terdapat sejumlah kegiatan yang dilakukan. Antara lain aksi konsumsi TTD serentak, penyuluhan tentang anemia rematri dan cara minum TTD. “Kami beri motivasi agar rematri konsumsi rutin untuk cegah anemia dan stunting,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga mensosialisasikan penggunaan aplikasi Cegah Anemia Remaja Indonesia (Ceria). Aplikasi tersebut digunakan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan data secara elektronik untuk konsumsi TTD remaja puteri, sebagai sumber informasi untuk remaja puteri mengenal TTD dan anemia, serta pengingat minum TTD setiap minggu.

"Melalui gerakan Aksi Bergizi Nasional, rematri dapat semakin mengenal dan rutin mengonsumsi TTD. Hal itu sebagai upaya mencegah anemia dan stunting. Semoga konsumsi TTD dapat dilakukan rutin rematri agar tetap sehat dan bebas anemia,” jelas Zakiah. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image