Home > Gaya Hidup

Lansia di Depok Diharapkan Agar Tetap Produktif

Pelatihan untuk lansia di Kota Depok merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Dengan tujuan meningkatkan produktivitas lansia di usai senja.
Para lansia di Kota Depok diberikan pelatihan kerajinan tangan atau handy craft agar tetap produktif. Foto: Dok Diskominfo Kota Depok.
Para lansia di Kota Depok diberikan pelatihan kerajinan tangan atau handy craft agar tetap produktif. Foto: Dok Diskominfo Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mengharapkan para lanjut usia (lansia) agar tetap produktif. Untuk itu sebanyak 25 warga lansia dibekali pelatihan kerajinan tangan atau handy craft yang diadakan selama dua hari di Wisma Hijau pada 19-20 Oktober 2022.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Asloeh Madjri mengatakan, pelatihan untuk lansia merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Dengan tujuan meningkatkan produktivitas lansia di usai senja.

“Kami berharap dengan memberikan ilmu dan ketrampilan para lansia di Kota Depok bisa berdaya guna. Kemudian menjadi lansia yang tangguh, lansia mandiri, lansia bermanfaat, bahagia dan sejahtera,” ujar Asloeah, Kamis (20/10/2022).

Dia mengutarakan, dalam pelatihan tersebut, para lansia difasilitasi perlengkapan latihan, konsumsi, dan sertifikat. Setelah pelatihan, mereka juga akan tetap dipantau agar keahlian yang diperoleh dapat diterapkan.

“Kami ingin setelah dari pelatihan ini, mereka memiliki aktivitas yang produktif sehingga bisa tetap sehat, baik fisik maupun psikologisnya,” terangnya.

Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Dinsos kota Depok, Nita Ita Hernita menambahkan, dalam pelatihan itu para lansia diberikan sejumlah pengetahuan. Antara lain melakukan seni lipat handuk atau boneka, kipas kain, membuat konektor mutiara/batu, buket kerudung dan masih banyak lagi.

“Kami memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan mereka yaitu pelatihan yang produktif berskala ringan, tidak telalu berat,” tuturnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image