Home > News

Diperkirakan 1.500 Wartawan akan Meliput Puncak KTT G20 di Bali

Juga akan disiapkan Media Center KTT G20 dengan kapasitas untuk 1.500 orang. Media Center berlokasi di Bali International Convention Center (BICC), Hotel Westin, Nusa Dua Bali dan akan beroperasi mulai 13-17 November 2022.
Menteri Kominfo Jhonny G Plate.
Menteri Kominfo Jhonny G Plate.

ruzka.republika.co.id--Diperkirakan sebanyak 1.500 wartawan lokal dan internasional akan meliput acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022.

Untuk itu akan disiapkan Media Center KTT G20 dengan kapasitas untuk 1.500 orang. Media Center berlokasi di Bali International Convention Center (BICC), Hotel Westin, Nusa Dua Bali dan akan beroperasi mulai 13-17 November 2022.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, Media Center tersebut terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan tiga fasilitas utama berupa Workstation (Mangapura Hall), Conference Room (Auditorium), dan Viewing Room (Nusantara).

"Kami sudah menyiapkan fasilitas untuk para jurnalis yang akan meliput momentum puncak Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali mulai dari 13-17 November 2022," ujar Jhonny, Senin (17/10/222).

Hingga 30 September 2022 sudah ada 1.337 jurnalis dari 215 media yang telah melakukan pendaftaran melalui website G20. Pengambilan ID para awak media dapat dilakukan pada 10-15 November 2022 di Hotel Courtyard.

"Mengenai ketentuan visa bagi jurnalis asing, prosedur sesuai dengan acuan yang disepakati Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Penerbitan visa dapat menggunakan mekanisme B211A setelah mendapatkan rekomendasi dari kementerian dan lembaga terkait. Visa B211A berlaku bagi mereka yang akan mengunjungi Indonesia untuk tujuan kegiatan resmi pemerintah, pariwisata, kegiatan sosial dan budaya, olahraga, kegiatan bisnis dan komersial, kunjungan keluarga, kegiatan jurnalistik atau transit tanpa membutuhkan penjamin sebagai sponsor,” jelasnya.

Adapun bagi jurnalis atau media yang dibawa oleh Kepala Negara atau Official Traveling Press (OTP), terdapat fasilitasi berupa perpanjangan masa registrasi dan Visa Dinas dari Kementerian Luar Negeri.

"Delegasi OTP biasanya menyiapkan media center khusus di hotel mereka, sehingga Kominfo hanya akan fokus memberikan fasilitasi di media center BICC,” terang Johnny.

Selama kegiatan KTT G20 berlangsung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan delapan kali media briefing setelah tiap-tiap sesi pertemuan selesai. Venue Media Briefing akan disiapkan di sekitaran Lobby Hotel Apurva.

"Kementerian Kominfo terus bersiap agar komunikasi publik dan pelayanan media dapat berjalan dengan baik. Kementerian Kominfo terus bersiap agar komunikasi publik dan pelayanan media dapat berjalan dengan baik," tutur Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong.

Ia mengungkapkan, terdapat berbagai fasilitas di Media Center KTT G20, antara lain 192 unit komputer yang terhubung dengan jaringan LAN dengan koneksi internet 1.5 GBPS. Selain itu Media Center KTT G0 juga menghadirkan ruang konferensi pers dengan kapasitas 443 orang lengkap dengan interpreter dalam lima bahasa.

"Ada juga media lounge, tenaga kesehatan, fasilitas relaksasi, dan sarana fotocopy. Kami juga akan menyediakan Siaran Pers dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Media center juga akan menyediakan foto-foto jurnalistik dan clean feed broadcast," ungkap Usman.

Kementerian Kominfo juga menyediakan fasilitas transportasi berupa shuttle bus yang melayani jurnalis dari lokasi penginapan di luar area konferensi menuju lokasi Media Center KTT G20.

Sebagai informasi, registrasi bagi media peliput dalam dan luar negeri telah dibuka sejak 5 September 2022 dan akan ditutup pada 10 Oktober 2022, dengan pendaftaran melalui tautan https://g20.org/registration. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image