Home > Edukasi

Dinkes Depok Gencar Cegah Penyakit Anemia Remaja Putri

Upaya cegah penyakit Anemia yang dilakukan yaitu melalui pemberian atau pendistribusian tablet tambah darah (TTD). Tablet tambah darah diberikan setiap minggu.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok gencar melakukan upaya mencegah penyakit anemia pada remaja putri. upaya terus dilakukan agar remaja putri dapat tetap sehat ketika menjalani masa kehamilan saat dewasa.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, upaya yang dilakukan yaitu melalui pemberian atau pendistribusian Tablet Tambah Darah (TTD). Tablet tambah darah diberikan setiap minggu.

"Pendistribusian dilakukan melalui Puskesmas setempat dan diberikan ke sekolah. Remaja putri konsumsi satu tablet setiap minggu," ujar Zakiah, Kamis (13/10/2022).

Menurut Zakiah, upaya berikutnya yaitu menjalankan program Stunting Warrior (STAR). Dalam program tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Forum GenRe Kota Depok untuk mengawal para remaja putri mengonsumsi TTD di sekolah.Kemudian, upaya selanjutnya dengan pemberdayaan Saka Bhakti Husada (SBH). Perannya sebagai promotor untuk remaja putri mengonsumsi TTD.

"Upaya mencegah anemia ini kami lakukan dengan melibatkan unsur terkait agar remaja putri rutin mengonsumsi TTD," terangnya.

Dia berharap kepada seluruh remaja putri untuk rutin mengonsumsi TTD. Agar nantinya tidak menjadi calon ibu hamil yang anemia dan dapat melahirkan generasi yang stunting."Anemia ini berdampak pada bayi yang dilahirkan dan bisa menyebabkan Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR) serta berisiko stunting," ungkapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image