Home > Ekonomi

Tingkatkan Layanan, Samsat Cinere Depok Miliki Program Door to Door

Selain meraih pendapatan PKB, Samsat Cinere juga melakukan validitas data untuk menyusun strategi ke depan.
Samsat Cinere Kota Depok.
Samsat Cinere Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Tngkatkan pelayanan sebagia upaya menggenjot pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Depok II Cinere memiliki program Door to Door. Selain meraih pendapatan PKB, Samsat Cinere juga melakukan validitas data untuk menyusun strategi ke depan.

“Kami memiliki program door to door dengan mengerahkan kader wilayah yang berada di bawah naungan Samsat Cinere. Kader akan melakukan ketok pintu kepada warga yang belum membayar pajak dengan cara mengingatkan,” ujar Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Depok II Cinere, Rina Parlina, Rabu (14/09/2022).

Dia menambahkan, pihaknya memiliki 50 kader di lima kecamatan antara lain Kecamatan Cinere, Limo, Sawangan, Pancoran Mas dan Bojongsari. Kerja sama ini telah dilakukan sejak tahun 2015.

“Kader bertugas untuk mengingatkan penunggak pajak sekaligus memastikan status kendaraan. Apakah ada atau tidak, jika tidak ada, kemana kendaraan tersebut. Misal sudah dijual, maka kader mengingatkan untuk segera melakukan blokir kendaraan, agar tidak menjadi pajak progresif,” jelas Rina.

Menurut Rina, kader bekerja sesuai dengan data yang diberikan oleh Samat Cinere. Dengan keberadaan kader, imbuhnya, mampu mempengaruhi pemasukan pajak serta dapat dijadikan acuan perbaikan data.

“Program ini tidak serta merta hanya untuk pemasukan keuangan. Kevalidan data kendaraan juga perlu untuk menyusun strategi dan kebijakan ke depan,” terangnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image