Home > Edukasi

Dinkes Depok Ajak Sekolah Waspadai DBD dengan Pembuatan Lethal Ovitrap

Dinkes Kota Depok mengajak sekolah di setiap kelurahan yang diwakili sebanyak 63 guru untuk mengikuti pembuatan lethal ovitrap (alat perangkap membasmi nyamuk dan larva).
Dinkes Kota Depok ajak sekolah waspadai DBD.
Dinkes Kota Depok ajak sekolah waspadai DBD.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pertemuan Sekolah Berbatik (Bersih, Bebas Jentik) bagi guru SD/MI di Kota Depok. Dalam kesempatan tersebut, Dinkes Kota Depok mengajak sekolah di setiap kelurahan yang diwakili sebanyak 63 guru untuk mengikuti pembuatan lethal ovitrap (alat perangkap membasmi nyamuk dan larva).

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada 7-8 September 2022 di Balai Kota Depok.

"Pertemuan ini dilakukan untuk mengajak seluruh sekolah mewaspadai kasus demam berdarah dengue (DBD), khususnya di lingkungan sekolah. Kami ajak perwakilan sekolah untuk menbuat lethal ovitrap untuk pencegahan nyamuk DBD di sekolah," ujar Mary dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (10/09/2022).

Menurut Mary, setelah mengikuti pembuatan lethal ovitrap, diharapkan perwakilan dari sekolah dapat menindaklanjuti intervensi perubahan perilaku pencegahan DBD di sekolah. Dengan memasang lethal ovitrap di sudut ruang kelas.

"Selain itu, pihak sekolah dapat terus menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan sekolah. Kemudian juga memiliki juru pemantau jentik (jumantik) di kelas. Satu kelas punya satu jumantik agar dapat terus memantau tempat-tempat yang berpotensi adanya jentik nyamuk," jelasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image