Home > News

Damkar Depok Amankan Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter yang Berkeliaran di Pemukiman Warga

Empat personel dari Damkar Depok diterjunkan untuk mengevakuasi ular Sanca tersebut, Ahad (04/09/2022).
Ular Sanca.
Ular Sanca.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan seekor ular Sanca sepanjang 3,5 meter yang masuk ke pemukiman warga di Jalan Situ Pitara Siwa Gandu No 43 RT/RW 06, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok, Ahad (04/09/2022). Empat personel dari Damkar diterjunkan untuk mengevakuasi ular Sanca tersebut.

"Kami terima laporan, kemudian, petugas langsung bergerak cepat ke lokasi guna melakukan evakuasi," ujar Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, Senin (05/09/2022).

Menurut Welman, dengan kemampuan yang dimiliki petugas, hanya butuh waktu 13 menit ular Sanca tersebut berhasil diamankan. Sementara ditampung di Kantor Damkar Pos Merdeka sampai ada komunitas reptil yang mau mengadopsi. "Ular Sanca yang dievakuasi memiliki panjang mencapai 3,5 meter," terangnya.

Ia berpesan kepada warga jika menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar jangan diganggu atau mencoba menangkap sendiri.

"Apalagi kalau tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular. Jika tidak memiliki keahlian menangkap ular itu bisa membahayakan diri sendiri. Segera menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau melalui nomor UPT Damkar setempat," pungkas Welman. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image