Home > Info Kampus

Depok Buka Program Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Afirmasi Berprestasi

Progam ini bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2023.
Kantor Wali Kota Depok.
Kantor Wali Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar sosialisasi program Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Afirmasi Berprestasi (Bidik Manis) ke universitas negeri dan swasta. Progam ini bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

"Program ini dibuka bagi mahasiswa afirmasi berprestasi yang berdomisili, serta memiliki KTP dan KK Kota Depok," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri kepada di Balai Kota Depok, Kamis (01/09/2022).

Lanjut Supian, sesuai dengan janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono. "Kami ingin memberikan perhatian beasiswa untuk mahasiswa yang memang tidak cukup kemampuan secara ekonomi tetapi punya prestasi. Makanya, kita mengundang perguruan-perguruan tinggi yang ada di Kota Depok, baik swasta maupun negeri untuk bisa membangun komunikasi dan berkolaborasi," jelasnya.

Menurut Supian, besaran beasiswa yang akan diberikan senilai Rp 15 juta per mahasiswa hingga selesai masa kuliah. Program ini diperuntukkan bagi 100 orang yang akan diberikan pada tahun 2023.

"Karena memang pemberian perhatian ini harus by name by address. Kemarin kita tidak kekejar di APBD 2023, mungkin kita akan minta persetujuan dewan di perubahan anggaran di tahun 2023," terangnya.

Ia menambahkan, dengan digulirkan program ini juga diharapkan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan yang ada di Kota Depok.

"Jadi, melalui program ini diharapkan warga tidak mampu juga bisa menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi, tidak hanya sebatas lulusan SMA atau SMK saja, sehingga mereka bisa memperoleh pekerjaan ke depannya," pungkas Supian. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image