Home > News

Batik Depok Ramaikan Apeksi XV di Kota Padang

Kota Depok ikut serta dalam pawai budaya nusantara meramaikan perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV di Kota Padang.
Kota Depok ikut meriahkan Apeksi XV di Kota Padang (Foto: Diskominfo)
Kota Depok ikut meriahkan Apeksi XV di Kota Padang (Foto: Diskominfo)

ruzka.republika.co.id- Kota Depok ikut serta dalam pawai budaya nusantara meramaikan perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV di Kota Padang.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama istri yang juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida memimpin delegasi Kota Depok mengikuti pawai.

Dalam kegiatan tersebut, Kota Depok menampilkan batik khas Depok dengan budaya Betawinya.

"Jadi pawai ini dalam rangka memperkenalkan budaya yang ada di masing-masing kota. Kami ingin memperkenalkan batik Kota Depok dengan budaya Betawinya," kata Mohammad Idris, Rabu (10/08/22).

Ada beberapa motif batik Depok diperkenalkan pada perhelatan tersebut. Salah satunya motif Gong Si Bolong.

"Karena seni pertunjukan asli Kota Depok, Gong Si Bolong ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTb), sehingga kami lebih menonjolkan Gong Si Bolong," ujarnya.

Meski demikian, ada motif batik khas Depok lainnya yang juga dipromosikan dalam pawai tersebut. Termasuk motif belimbing.

"Kita akan terus menyosialisasikan batik Depok, setelah sosialisasi nanti kita pasarkan, kalau sudah dipasarkan nanti ada konsumennya harus siap, para pembatik di Depok juga harus siap," tambahnya.

Sementara itu, ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida menambahkan, batik khas Kota Depok yang kini sudah berusia hampir 4 tahun telah diterima dengan baik oleh masyarakat. Ada beberapa perkantoran yang sudah menggunakan batik Depok.

"Jadi, harapannya tinggal dikembangkan dan ditingkatkan lagi," tandasnya.

Kota Depok juga mengikuti berbagai lomba batik, serta meningkatkan beberapa pelatihan terkait batik Depok. (Mia Nala)

× Image