Home > News

Lalai Bayar Pajak, Shakira Terancam 8 Tahun Penjara

Shakira, mantan kekasih Gerard Piqu, bisa menghadapi delapan tahun penjara
Diva penyanyi Kolombia Shakira terancam hukuman 8 tahun penjara.
Diva penyanyi Kolombia Shakira terancam hukuman 8 tahun penjara.

ruzka.republika.co.id - Mantan pacar Gerard Piqué, Shakira, harus berurusan dengan hukum. Diva penyanyi Kolombia itu terancam hukuman 8 tahun penjara.

Shakira harus duduk di meja hijau. Jika dinyatakan bersalah dalam persidangan mendatang atas dugaan penipuan pajak, dia dapat dijatuhi hukuman delapan tahun dua bulan penjara.

Shakira dituduh lalai membayar pajak kepada pemerintah Spanyol sebesar 14,5 juta euro (Rp220 miliar) antara tahun 2012 dan 2014.

Selain kemungkinan menghadapi hukuman delapan tahun penjara, jaksa di Spanyol mengatakan juga akan menuntut denda $24 juta terhadapnya.

Shakira dituduh melakukan kejahatan seks, menurut dakwaan. Minggu ini, penyanyi itu menolak tawaran pembelaan dari jaksa dan memilih untuk pergi ke pengadilan sebagai gantinya. Belum ada tanggal pasti untuk kelanjutan persidangan.

"Shakira selalu mematuhi hukum. Dia menunjukkan perilaku yang sangat baik sebagai manusia dan pembayar pajak," menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh humasnya di London pada Jumat (29/7/2022). Badan Pajak Spanyol dituduh menyalahgunakan haknya oleh humas.

Artis tersebut telah mendepositokan jumlah yang dia duga berutang, bersama dengan bunga 3 juta euro. Menurut staf hubungan masyarakat Spanyol Shakira, yang membuat pengumuman awal pekan ini.

Pemenang Grammy itu diduga seharusnya membayar pajak di Spanyol karena ia menghabiskan lebih dari setengah setiap tahun antara 2012 dan 2014, menurut jaksa Barcelona.

Shakira, yang memiliki dua anak dengan bintang FC Barcelona Gerard Piqué, baru-baru ini memutuskan hubungan mereka selama 11 tahun. Selama perselingkuhannya dengan bintang Barca.

Siapa Shakira?

Penyanyi Kolombia Shakira Isabel Mebarak Ripoll lahir pada 2 Februari 1977. Ia dibesarkan di Barranquilla dan dikenal sebagai "Ratu Musik Latin" karena berbagai gaya musiknya.

Pada usia 13 tahun, dia membuat debut rekamannya dengan Sony Music Colombia. Dengan album berikutnya, Pies Descalzos (1995) dan Dónde Están los Ladrones. Dia mendapatkan popularitas di negara-negara Hispanik setelah kegagalan komersial dari dua album pertamanya, Magia (1991) dan Peligro (1993).

Dengan merilis album kelimanya, Laundry Service (2001), yang memiliki penjualan global lebih dari 13 juta kopi, dia masuk ke pasar berbahasa Inggris.

Album ini membantunya memantapkan dirinya sebagai crossover papan atas, dibantu oleh kesuksesan single-nya “Whenever, Wherever” dan “Underneath Your Clothes” dalam skala global.

Shakira disebut sebagai "pelopor" yang memperluas daya tarik internasional vokalis Latino oleh Broadcast Music, Inc.

Apa yang terjadi antara Shakira dan Gerard Pique?

Diva pop Kolombia terkenal Shakira (nama asli Shakira Isabel Mebarak Ripoll) dan bek tengah Barcelona Gerard Piqué mengumumkan perpisahan mereka pada Sabtu, 4 Juni 2022, setelah berkencan selama lebih dari sepuluh tahun.

Mereka mengumumkan perpisahan setelah dugaan perselingkuhan Piqué. Namun, tuduhan ini berasal dari sumber yang meragukan, yang kini sebagian besar telah dibantah.

"Kami menyesal mengonfirmasi bahwa kami akan berpisah. Demi kesejahteraan anak-anak kami, yang merupakan prioritas utama kami, kami meminta untuk menghormati privasi kami. Terima kasih atas pengertian."

Dua putra, Sasha Piqué Mebarak (lahir tahun 2015) dan Milan Piqué Mebarak, lahir dari pasangan Ripoll dan Piqué (lahir 2013).

Mantan pasangan itu mulai berkencan pada 2011, setelah pertama kali terhubung saat Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2010.* (Yayan)

× Image