Home > Gaya Hidup

4 Buah Ini Penting untuk Meningkatkan Hemoglobin Dalam Darah

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah.
Buah pisang mengandung Asam Folat.
Buah pisang mengandung Asam Folat.

ruzka.republika.co.id - Hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah.

Dalam kadar yang normal, hemoglobin memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Oleh karena itu, kadar normal hemoglobin perlu selalu dijaga.

Hemoglobin juga berfungsi membantu sel darah merah mendapatkan bentuk alaminya, yaitu bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih. Dengan bentuk seperti ini, sel darah merah dapat dengan mudah bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah.

Untuk itu perlu asupan makanan yang sehat. Ada empat jenis makanan yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah seseorang.

Dilansir dari Healthline, setidaknya ada empat buah yang membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah:

1. Pisang

Buah pisang mengandung Asam Folat. Asam folat adalah vitamin B kompleks yang diperlukan untuk membuat sel darah merah dalam tubuh.

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kadar hemoglobin yang rendah.

Perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, taoge, kacang kering, kacang tanah, pisang, brokoli, hati, dan lain-lain lebih sering.

2. Delima

Delima adalah sumber yang kaya kalsium dan zat besi bersama dengan protein, karbohidrat dan serat.

Ini salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan hemoglobin. Berkat nilai gizi yang luar biasa yang dimilikinya, minum jus delima setiap hari untuk memastikan kadar hemoglobin Anda normal.

3. Buah Bit

Bit adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Tidak hanya tinggi kandungan zat besi, tetapi juga asam folat bersama dengan kalium dan serat.

Minum jus bit setiap hari untuk memastikan jumlah darah yang sehat.

4. Semangka

Semangka adalah salah satu buah terbaik yang membantu meningkatkan hemoglobin.

Hal tersebut karena kandungan zat besi dan vitamin C-nya yang membuat proses penyerapan zat besi lebih baik dan lebih cepat. (Yayan)

× Image