Home > Edukasi

SD dan SMP di Depok akan Laksanakan MPLS, Kenalkan Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila

Sebelum memulai proses belajar, siswa-siswi terlebih dahulu mengikuti MPLS yang berlangsung 18-20 Juli 2022.
MPLS SD dan SMP di Depok
MPLS SD dan SMP di Depok

ruzka.republika.co.id--Para siswa baru tingkat SD dan SMP akan memulai awal tahun pelajaran baru 2022/2023. Sebelum memulai proses belajar, siswa-siswi terlebih dahulu mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang berlangsung 18-20 Juli 2022.

"MPLS merupakan kegiatan pengenalan budaya dan program sekolah kepada seluruh siswa," ujar Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Sutarno di Balai Kota Depok, Jumat (15/07/2022).

Ia menambahkan, MPLS bukan hanya dikhususkan bagi siswa baru namun seluruh siswa agar mereka dapat mengetahui berbagai program dan budaya sekolah yang dibentuk.

"Nilai-nilai yang diharapkan dapat dilakukan saat MPLS ini adalah nilai-nilai yang termaktub dalam enam profil pelajar Pancasila. Di masa MPLS ini diharapkan dapat mengimplementasikan poin-poin profil pelajar Pancasila," terang Sutarno.

Ia merinci, enam profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, serta berpikir kritis.

"Tujuan dari penyelenggaraan MPLS adalah terbentuknya karakter pada diri siswa, dan pembiasaan-pembiasaan positif pada diri siswa," jelas Sutarno.

Dengan demikian, lanjut Sutrano, pada akhirnya akan menjadi sesuatu yang biasa dilakukan di sekolah atau lebih dikenal dengan budaya sekolah (culture school).

"Budaya sekolah inilah yang akan mewarnai keseharian sikap dan perilaku seluruh siswa di sekolah. Tidak lupa untuk senantiasa budayakan 5 S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image