Home > News

Bersihkan Situ Jatijajar, Dinas PUPR Depok Turunkan Alat Berat Amphibi

Rencananya, alat berat amphibi ini berada di lokasi sampai pembersihan selesai dilakukan
Alat berat amphibi sedang melakukan pembersihan gulma di Situ Jatijajar, Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok menurunkan alat berat untuk membersihkan bunga teratai yang memenuhi sebagian Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos. Rencananya, alat berat ini berada di lokasi sampai pembersihan selesai dilakukan.

"Kami turunkan alat berat Amphibi untuk mengangkat teratai yang sudah menutupi 25 persen permukaan Situ Jatijajar. Alat berat kita gunakan sampai teratai bisa tertangani dan terkontrol, tidak ada target yang ditetapkan,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (12/07/2022).

Menurut Citra, sebelumnya, pihaknya telah menerjunkan satu regu Satgas Dinas PUPR Kota Depok yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan normalisasi. Saat ini, dilanjut dengan pembersihan permukaan situ.

"Satgas Dinas PUPR Kota Depok tetap berada di lokasi selama ada alat berat karena untuk mempercepat proses pembersihan bunga teratai, jumlahnya ada tiga orang operator. Setelah diangkat, akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk juga sudah kami sediakan,” terangnya.

Lanjut Citra, pertumbuhan teratai sangatlah cepat sehingga, dibutuhkan alat berat untuk membantu proses pembersihan agar fungsi penyerapan air maksimal. Over populasi teratai juga bisa merusak keindahan situ.“Sementara kami fokus untuk mengangkat teratai, agar fungsi penyerapan air bisa maksimal,” pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image