Home > Ekonomi

Tiap Kelurahan di Depok Ditargetkan Lahirkan 27 Pelaku Usaha Setiap Tahun

Pemkot Depok optimistis program 5.000 Pengusaha Baru dapat berjalan efektif
Pelaku UMKM di Kota Depok. DKUM Kota Depok optimis program 5.000 pengusaha baru.

ruzka.republika.co.id--Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok optimistis program 5.000 pengusaha baru dapat berjalan efektif. Karena itu, menurutnya, tiap kelurahan ditargetkan menghasilkan 27 pelaku usaha per tahunnya.

"Berdasarkan data yang diperoleh saat ini terdapat sekitar 500 lebih UMKM tiap kelurahan. Dan paling sedikitnya sekitar 100 UMKM. Kita butuh 27 orang per kelurahan. Jika dikalkulasikan jumlah tersebut telah memenuhi kuota yang disediakan setiap tahunnya," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat di Balai Kota Depok, Selasa (12/07/2022).

Menurut Dede, pihaknya tidak khawatir program ini sepi peminat, justru sebaliknya harus mengantisipasi membludaknya peminat program ini. "Sedangkan, anggaran yang disediakan terbatas," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Dede, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan para lurah, camat dan pelaku UMKM di wilayah. Yakni untuk menginformasikan kuota dan anggaran program ini terbatas.

"Untuk program 1.000 perempuan pengusaha diprioritaskan Perempuan Kepala Keluarga atau PEKKA," terangnya.

Berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok. "Saya yakin staf kami dan para lurah bisa mengoptimalkan program ini," pungkas Dede. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image