Home > Edukasi

Khutbah Idul Adha, Wakil Wali Kota Depok Ingatkan Keteladanan Nabi Ibrahim AS

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengingatkan umat Islam pada momentum Hari Raya Idul Adha agar selalu meneladani kisah keluarga Nabi Ibrahim AS.
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menyampaikan khutbah sholat Idul Adha di Masjid Balai Kota Depok, Ahad (10/07/2022).

ruzka.republika.co.id--Dalam khutbah Idul Adha, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengingatkan umat Islam pada momentum Hari Raya Idul Adha agar selalu meneladani kisah keluarga Nabi Ibrahim AS. Dalam kisahnya tersebut, Nabi Ibrahim diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya dan kisah Siti Hajar yang berkaitan dengan ibadah haji.

“Mari jadikan momentum Idul Adha untuk mengenang kisah Nabi Ibrahim AS terkait pengorbanan dan keluarga,” jelas IBH saat memberikan khutbah pada Salat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Balai Kota Depok, Ahad (10/07/2022).

Imam menjelaskan, perintah untuk menyembelih yang diterima Nabi Ibrahim AS membentuk sifat sabar. Anak yang dinantikan Nabi Ibrahim AS diperintahkan untuk dikurbankan dan Siti Hajar sebagai ibu sanggup dan sabar menghadapi hal tersebut.

Kemudian, untuk kisah lainnya dalam momentum Idul Adha, kisah Siti Hajar yang berlari tujuh kali antara Bukit Shofa dan Marwah demi mendapatkan air bagi anaknya, Nabi Ismail. Lalu muncul air zam zam yang hingga saat ini airnya masih mengalir.

"Kisah kedua ini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam saat menjalankan Ibadah Haji,” terangnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image