Home > Olahraga

Direktur Baru Chelsea Itu Humas Madonna, Rod Stewart, Orang Kepercayaan Rolling Stones

Direktur baru Chelsea, Barbara Charone, ternyata sebagai humas terkemuka musik selama lebih dari 40 tahun.
Barbara Charone menyelamatkan pentolan Rolling Stones, Keith Richards foto: Orion Publishing Group Ltd

ruzka.republika.co.id - Direktur baru Chelsea, Barbara Charone, ternyata sebagai humas terkemuka musik selama lebih dari 40 tahun. Jadi tidak ada yang akan mengganggunya di bawah rezim Todd Boehly.

Wanita Amerika berusia 70 tahun itu bekerja sebagai Humas Madonna, Rod Stewart, dan Keith Richards. Dia orang kepercayaan Rolling Stones menyusul penangkapan narkoba di Kanada pada 1970-an.

Barbara Charone saat ini memiliki agensinya sendiri, MBC (didirikan pada tahun 2000) yang mengurus orang-orang seperti Foo Fighters, Depeche Mode, Lewis Capaldi, dan banyak lagi.

Tapi akhir pekannya telah disediakan untuk The Blues selama lebih dari tiga dekade sekarang. Secara teratur mengintip Stamford Bridge untuk menyemangati raksasa Liga Premier Inggris.

Dan dia bahkan memiliki andil dalam lagu Chelsea Piala FA Blue Day, sebagai lagu oleh vokalis Madness Suggs pada 1990-an.

"Mereka ingin mendapatkan dua penggemar di dewan," katanya baru-baru ini kepada The Big Issue.

"Ini seperti banyak hal dalam hidup, banyak keberuntungan yang terlibat. Mereka menginginkan seorang wanita dan mendekati saya, dan itu jelas tidak perlu dipikirkan. Ini sangat mengasyikkan."

Rekrutan baru

Pekan lalu, dikonfirmasi bahwa Barbara Charone akan menjadi direktur di dewan Boehly, bersama dengan Jonathan Goldstein, CEO Cain International, serta kolumnis Times dan rekan Konservatif Daniel Finkelstein, pendukung Chelsea lainnya.

Charone sendiri adalah seorang fanatik. Pemegang tiket musiman selama beberapa tahun. Dia berada di tribun di Munich untuk melihat Chelsea memenangkan gelar Liga Champions pertama pada 2012 melawan tuan rumah Bayern Munich.

Di samping kecintaannya pada permainan yang indah, Charone mengukuhkan reputasinya sebagai "PR musik paling kuat di Inggris".

Tapi sebelum itu, orang Chicago ini memulai karir sebagai jurnalis musik di tanah kelahirannya, sebelum pindah ke pantai pada tahun 1974. Dia menulis untuk majalah Sounds yang sekarang sudah tidak ada, lepas untuk Rolling Stone, dan merupakan salah satu penulis wanita pertama untuk NME.

Sebagai penggemar berat The Rolling Stones, Charone mewawancarai band beberapa kali - membangun ikatan yang kuat dengan gitaris Keith Richards.

Kepercayaan itu akan berguna pada tahun 1977, ketika rocker liar itu ditangkap di Toronto, Kanada karena memiliki heroin.

Charone menghidupkan kembali kisah itu dalam memoarnya yang brilian, Access All Areas of help Keith, serta menulis bukunya.

Menyelamatkan Keith

"Pada tahun 1976 saya memiliki hubungan yang baik dengan Keith, setelah mewawancarainya dalam banyak kesempatan," tulisnya.

'Saya akhirnya bertanya kepadanya apakah saya bisa membuat buku tentang dia, dan saya sangat terkejut dan senang dia menjawab ya.

'Keith menyarankan saya datang ke Toronto awal 1977 untuk pertunjukan Rolling Stones di klub El Mocambo.

"Saya terbang ke Kanada pada akhir Februari. Tetapi sayangnya Polisi Berkuda Kanada mencapai hotel Keith sebelum saya melakukannya, menangkapnya karena memiliki heroin.

'Keith berada dalam masalah besar. Tiba-tiba waktu latihan untuk pertunjukan klub yang akan datang dipersingkat oleh pertemuan dengan pengacara dan penampilan di pengadilan.

Keith tidak asing dengan hukum tetapi ini adalah tuduhan narkoba yang paling serius, dengan hukuman penjara kemungkinan yang sangat nyata.

"Pertunjukan di El Mocambo (kapasitas 300) berlangsung pada 4 dan 5 Maret, dan merupakan bukti dedikasi dan stamina band yang mereka lakukan dalam situasi yang sulit.

Masa depan yang tak pasti

'Mereka merobek tempat itu. Itu adalah salah satu momen "Anda harus berada di sana". Namun, kenyataan suram dari situasi itu melayang-layang seperti awan yang sangat gelap.

'Ketika Keith muncul di pengadilan, dia diberi jaminan, paspornya disita.

"Dia dan pasangannya Anita Pallenberg dan putra mereka yang berusia tujuh tahun, Marlon, kembali ke rumah mereka di masa mendatang, lantai 32 Harbour Castle Hotel.

'Masa depan Keith, dan memang Stones, tidak pasti.

"Beberapa hari setelah penampilan pengadilan, Mick Jagger terbang ke New York City dan segera setelah yang lain mengikuti. Saya dipindahkan ke suite di sebelah Keith, Anita dan Marlon.

"Saya yakin Keith merasa sendirian dan sangat mungkin dikhianati, tetapi tidak diragukan lagi bahwa saya tinggal membantu menjalin ikatan yang luar biasa di antara kami.

"Itu juga memberikan wawasan di muka dan pribadi tentang pria yang sedang saya tulis bukunya.

'Tuhan tahu apa yang orang tua saya pikirkan, mengetahui putri tercinta mereka tinggal selama sebulan di sebuah hotel Toronto bersama Rolling Stone dengan jaminan untuk perdagangan heroin. Ini akan menjadi buku yang sangat bagus, saya berjanji kepada mereka.'

Sepak bola bercanda dengan Rod Stewart

Pada tahun 1981, Charone telah meninggalkan jurnalisme dan mulai bekerja untuk Warner Music di departemen hubungan masyarakat mereka.

Setelah sebelumnya menulis wawancara sampul Rod Stewart untuk Rolling Stone, itu wajar baginya untuk bekerja dengan legenda musik Skotlandia sebagai PR-nya.

Dan kecintaan pada sepak bola adalah kesamaan yang mereka miliki.

Dalam memoarnya, dia mengatakan 'Rod Stewart adalah penggemar berat Celtic dan sangat mencintai sepak bola. Demikian juga, saya bersemangat tentang klub kesayangan saya Chelsea.

'Suatu ketika, ketika kami berada di Swedia untuk syuting sampul majalah Rolling Stone, Rod meminta saya untuk membacakan skor pertandingan papan atas hari Sabtu itu sebelum pertunjukan.

'Saya berlari melalui skor, meninggalkan kekalahan 7-0 Chelsea oleh Nottingham Forest.

'Keesokan harinya, sebelum saya meninggalkan Stockholm, telepon saya berdering, dan suara itu hanya mengatakan "tujuh-nol!!!!" dan tertawa. Rod menutup telepon sebelum aku sempat berbicara.'

Pada tahun 1997, Warner mengontrak penyanyi Chelsea-gila Suggs ke label mereka, yang membawa banyak kegembiraan bagi Charone.

Dia sudah mengenal penyanyi Madness, juga pemain tetap di Stamford Bridge, dan sangat senang bekerja dengannya.

Kemudian, sebuah peluang muncul dengan The Blues tampil di final Piala FA musim itu untuk jalan mereka menyeberang dalam kapasitas kerja - untuk lagu Piala FA Chelsea.

Dia mengenang, 'Seperti sudah ditakdirkan, penulis lagu Mike Connaris membawakan saya Blue Day, yang menurutnya sempurna untuk Suggs dan akan menjadi lagu final Piala FA yang hebat.

'Suggs menyukai trek, seperti halnya klub. Saya entah bagaimana berhasil meyakinkan WEA untuk membayar rekaman dan mengeluarkannya sebagai single.

'Sebelum Anda bisa mengatakan mimpi benar-benar menjadi kenyataan, saya berada di studio London pada hari Minggu sore dengan kapten Chelsea Dennis Wise, Gianluca Vialli, Mark Hughes, Steve Clarke, Gianfranco Zola dan seluruh tim Chelsea membuat rekor.

'Ketika tim pergi, Suggs dan saya duduk-duduk minum bir, praktis tidak bisa berkata-kata, secara harfiah di alam mimpi. Itu adalah momen mencubit-saya yang nyata.

Chelsea memenangkan Piala FA, mengalahkan Middlesbrough 2-0.

'Mendengarkan Blue Day meledak di Wembley Tannoy membuat saya menangis. Lagu tersebut kini menjadi bagian dari cerita rakyat Chelsea dan dimainkan di setiap pertandingan kandang.

'Ketika Chelsea memulai stasiun radio dan TV internal mereka sendiri, Suggs dan saya diminta untuk menjadi tamu di acara matchday pertama. Suggs belum tidur dan tiba langsung dari malam mabuk.

'Wawancara kami dengan cepat hancur menjadi kecelakaan mobil yang sangat lucu. Kami tidak mengudara lama. Kami juga tidak diminta kembali.'

Sebagai direktur sekarang, pasti dia akan diminta kembali dalam waktu dekat? *(suryansyah)

× Image