Home > Gaya Hidup

Depok Tampilkan Keberagaman Budaya di Pesona Bhinneka Tunggal Ika

Kota Depok menampilkan keberagaman budaya melalui tarian, puisi, dan peragaan baju daerah yang ada di Indonesia.
Acara Festival Harmoni Indonesia (FHI) di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Ahad (26/06/2022).

ruzka.republika.co.id--Kota Depok tampil memeriahkan Pagelaran Pesona Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan rangkaian acara Festival Harmoni Indonesia (FHI) di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Ahad (26/06/2022). Kota Depok menampilkan keberagaman budaya melalui tarian, puisi, dan peragaan baju daerah yang ada di Indonesia.

“Kota Depok memiliki keunikan budaya, banyak warganya yang berasal dari suku dan budaya lain yang tinggal di Kota Depok, maka kami tampilkan sesuai dengan tema Bhinneka Tunggal Ika," ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Pada kesempatan tersebut, Idris bersama Istri, Elly Farida membacakan puisi dengan tema Harmoni. Setelah itu, diisi dengan penampilan masyarakat di Depok yang memperagakan baju daerah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut Idris, kekuatan budaya di Kota Depok berasal dari Betawi dan Sunda. Namun, ada juga suku atau etnis lain seperti Jawa, Madura, Dayak, Pontianak, Makasar dan lain sebagainya. “Kami tampilkan kebudayaan harmonis yang memang ada di Kota Depok dengan pakaian adat dan ungkapan kecintaannya kepada Depok dengan bahasa masing-masing,” terangnya.

Ia berharap, lewat keberagaman budaya di Kota Depok, seluruhnya menjadi kekuatan dan potensi yang bisa dikembangkan untuk membangun Kota Depok. “Semoga ini bisa menjadi satu kekuatan yang baik untuk meningkatkan pembangunan di Kota Depok,” harap Idris. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image