Home > News

Nusantara Innovation Center Gelar Kompetisi Ide dan Inovasi Bagi Kaum Milenial, Mau Ikut?

Nusantara Innovation Center Gelar Kompetisi Ide dan Inovasi Bagi Kaum Milenial
Nusantara Innovation Center Gelar Kompetisi Ide dan Inovasi Bagi Kaum Milenial. FOTO: Istimewa

ruzka.republika.co.id - Mendorong visi Indonesia menjadi kuat di bidang ekonomi baru di dunia. Nusantara Innovation Center (NICe) mengelar kompetisi membuat sebuah ide dan inovasi bidang startup khususnya bagi kaum milenial di seluruh Indonesia.

Direktur NICe Iik Fathoni menjelaskan, kompetisi ini merupakan program Nusantara Hackathon. Kata dia, Nusantara Hackathon adalah sebuah ajang kompetisi dan pendampingan terhadap ide dan kreativitas sehingga dapat benar-benar menjadi inovasi yang dapat diterima oleh pasar atau customer.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memincu dan mendorong tumbuhnya ide dan kreativitas yang bermanfaat dan dapat secara langsung diimplementasikan sebagai solusi atas permasalahan di lapangan,” kata Direktur NICe Iik Fathoni melalui keteranganya, Ahad (26/6/2022).

Iik Fathoni menyebutkan, program kompetisi ini memiliki tujuan yang pertama untuk menjaring inovasi terbaik yang dapat diimplementasikan dan memberikan impact terbaik bagi solusi masalah kehidupan.

Kedua, meningkatkan kesadaran generasi milenial dan masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi industri 4.0.

“Dan ketiga, meningkatkan potensi dan kecintaan generasi milenial untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan melalui inovasi berkelanjutan,” kata dia.

Ia melanjutkan, bagi kaum milenial yang berminat untuk berkompetisi bisa mendaftarkan diri di website http://nusantarainnovation.id dengan harapan ada 100 ide inovasi baru dalam program Nusantara Hackathon.

”Diharapkan dapat menjaring setidaknya 100 ide inovasi baru. Tahap selanjutnya peserta akan dikumpulkan secara online di Design Thinking Bootcamp pada 9 Juli 2022 sebagai pembekalan bagi peserta untuk menajamkan ide inovasi sehingga lebih jelas dan implementatif,” tuturnya.

Ia menambahkan, setelah proses pembekalan peserta mengirimkan proposal ide yang sudah disempurnakan pada 10-23 Juli 2022.

“Proposal ide dan inovasi ini akan dinilai oleh para juri yang mempunyai kepakaran di bidangnya,”ucapnya.

Peserta yang lulus akan diundang untuk melakukan Pitching pada 6 Agustus 2022 , mempresentasikan proposal idenya secara live online di depan dewan juri dan calon investor yang membiayai proses inkubasi.

“Hasil akhir Nusantara Hackathon akan diumumkan di puncak acara yang direncanakan diselenggarakan di hari perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebanyak 5 pemenang dengan berbagai kategori akan mendapatkan total hadiah senilai 60 juta rupiah,” tuturnya.

Ide inovasi yang terpilih tambah Iik Fathoni nantinya juga akan terus didampingi dalam proses inkubasi.

“Sehingga dapat terus tumbuh dan mencapai tahap komersialisasi,” pungkasnya.

Sebelum mengawali Nusantara Hackathon, NICe kata dia, melaksanakan Seminar Nasional Inovasi secara daring pada tanggal 26 Juni 2022.

Acara tersebut untuk memberikan bekal kepada para innovator muda untuk mendapatkan sharing pengalaman dari para expertise terkait dengan bagaimana mengembangkan ide kreatif dan inovatif sehingga mendapat respon positif di pasar dengan menampilkan narasumber, yaitu Didi Diarsa Founder Kode Creative Hub, Suryandaru Presdir PT. Nanotech Indonesia Global.

× Image