Home > Gaya Hidup

Resep Mudah MPASI Bagi Si Kecil: Nasi Tim Ayam

Bagi ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan, sering kali kesulitan untuk membuat Makanan Pendamping Asi (MPASI). Nasi tim ayam, sajikan di piring yang menarik agar si kecil semangat makan.

ruzka.republika.co.id- Bagi ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan, sering kali kesulitan untuk membuat Makanan Pendamping Asi (MPASI).

Pilihan menu yang berubah setiap hari, dilakukab agar si kecil tidak bosan dengan MPASI yang diberikan.

Harus diingat jika pengolahan MPASI berbeda dengan olahan makanan orang dewasa.

Berikut resep MPASI, nasi tim ayam dari Chef Devina Hermawan, yang dikutip dari Republika.co.id pada (21/06/2022).

Bahan yang diperlukan ialah nasi matang, ayam cincang, jamur kancing, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, bawang goreng, sayuran wortel, brokoli, dan tomat.

Pengolahannya semua menggunakan food processor, agar halus dan dapat diterima si kecil yang baru belajar makan.

Siapkan bahan nasi matang, kombinasikan dengan protein. Ayam cincang bisa diganti atau dicampur dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi, udang dan lainnya.

Cara membuatnya cukup mudah.

1. Campurkan daging cincang, jamur, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, bawang goreng (bisa diganti bawang putih atau bawang bombai yang sudah ditumis). Aduk sampai merata. Aduk bersama sedikit gula dan garam selama 2-3 menit untuk membuat daging lebih lembut.

2. Siapkan nasi matang di mangkuk terpisah, tambah kaldu supaya teksturnya lebih lembut

3. Boleh tambahkan wortel ke adonan daging, sementara sayuran berwarna hijau disarankan dipisah agar nasi tim tidak cepat basi.

4. Masukkan nasi terlebih dulu ke dalam alat pengolah makanan. Simpan adonan daging di atasnya, kukus sekitar 15 menit.

5. Setelah matang, sajikan nasi tim ayam dengan garnish brokoli, dan tomat kecil-kecil. Jika ingin dibekukan, sebaiknya saat memasak nasi tidak dicampur dengan sayur.

Setelah itu, letakkan di tempat penyajian seperti piring yang berbentuk lucu, agar menarik perhatian si kecil. Dengan begitu si kecil akan lebih bersemangat untuk menikmati MPASI.

× Image