Home > News

31 Hewan Ternak Positif PMK Tersebar di Tiga Kelurahan di Depok

Kasus hewan positif PMK saat ini tersebar di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Cisalak, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, dan Kelurahan Cipayung

ruzka.republika.co.id--Unit Respon Cepat Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok mencatat, per 20 Juni 2022 ada sebanyak 31 ekor hewan ternak yang positif PMK.

Kasus hewan positif PMK saat ini tersebar di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Cisalak, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, dan Kelurahan Cipayung.

"Dari jumlah tersebut, 17 ekor ternak di antaranya berhasil sembuh," ujar Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani dalam siaran pers yang diterima, Rabu (22/06/2022).

Menurut Widyati, untuk menangani hewan ternak yang terduga dan positif PMK, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Antara lain melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KOE) kepada peternak terkait sanitasi kandang dan higiene personal, pelarangan pemasukan dan pengeluaran hewan di tempat terduga dan positif PMK.

"Pengambilan sampel, baik swab orofaring dan atau darah, kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium, melakukan pengobatan terhadap ternak dan pemberian disinfektan tiap peternak," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah membuka posko pengendalian dan penanggulangan PMK. "Jika ditemukan gejala PMK, agar melapor ke Hotline PMK Kota Depok di nomor 081213305834," terang Widyati. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image