Home > Mancanegara

Kolaborasi dengan Telkomsel, "iQIYI Starship Project" Ekspansi Pasar Indonesia

Sebelum melansir platform versi bahasa Indonesia, iQIYI telah mempelajari selera pengguna lokal dan melokalisasi seluruh konten dalam bahasa Indonesia.
Di sela peluncuran pada Senin (30/06/2025), aktor Chen Zheyuan diperkenalkan sebagai iQIYI International Global Ambassador, salah satu momen penting dalam
Di sela peluncuran pada Senin (30/06/2025), aktor Chen Zheyuan diperkenalkan sebagai iQIYI International Global Ambassador, salah satu momen penting dalam "iQIYI Starship Project". (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK - "iQIYI Starship Project" resmi diluncurkan di Jakarta, Indonesia, akhir Juni 2025 lalu. Di sela peluncuran tersebut, iQIYI juga mengumumkan kolaborasinya dengan perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Telkomsel.

Kolaborasi tersebut mencakup paket layanan seluler khusus, kerjasama konten, promosi pengguna, serta dukungan teknis. iQIYI juga melansir platform versi Bahasa Indonesia yang menyajikan konten asal Tiongkok dan dunia yang telah diterjemahkan dalam bahasa lokal.

Platform ini pun akan memproduksi program orisinal untuk pasar lokal, serta meningkatkan layanan yang secara khusus dirancang untuk audiens Indonesia.

Menurut Li Kaichen (KC Li), Vice President, Asia Pasifik & Timur Tengah, iQIYI International, sebagai platform streaming yang dinikmati lebih dari 520 juta pengguna aktif setiap bulan, iQIYI siap merambah pasar Indonesia pada tahun ini.

"Tim lokal kami akan menyediakan konten yang lebih lengkap dan dirancang khusus untuk audiens Indonesia. Bersama Telkomsel, kami berkomitmen mempererat kolaborasi dalam produk seluler, pembuatan konten, dan program pemasaran terintegrasi. Tahun ini juga menjadi debut 'iQIYI Starship Project' yang akan mencakup acara peluncuran global, promosi program drama, serta rangkaian aktivitas untuk para anggota yang menampilkan artis-artis populer asal Tiongkok sehingga semakin memperluas pertukaran budaya dan meningkatkan pengaruh global iQIYI," ujar Li Kaichen.

Sebelum melansir platform versi bahasa Indonesia, iQIYI telah mempelajari selera pengguna lokal dan melokalisasi seluruh konten dalam bahasa Indonesia. Berkolaborasi dengan Telkomsel, iQIYI akan memanfaatkan jaringan luas raksasa telekomunikasi ini, serta meningkatkan layanan digital demi mengoptimalkan pengalaman menonton konten dan menjamin kelancaran penayangan konten sesuai kondisi jaringan lokal.

Sementara Dinesh Ratnam, Senior Managing Director, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, iQIYI, menambahkan, selain berkolaborasi dengan Telkomsel guna menjaga stabilitas jaringan dan menawarkan paket layanan seluler menarik, iQIYI juga ingin bekerja sama dengan rumah produksi terkenal di Indonesia untuk memproduksi serial dan program orisinal Indonesia yang akan didistribusikan secara global.

"Program drama Tiongkok semakin populer di kalangan audiens Indonesia. Untuk itu, kami akan terus melengkapi konten iQIYI demi memenuhi permintaan yang terus meningkat," jelasnya.

Di acara peluncuran tersebut, aktor Chen Zheyuan juga diperkenalkan sebagai iQIYI International Global Ambassador, salah satu momen penting dalam "iQIYI Starship Project". Mempromosikan konten Tiongkok di pasar global, "iQIYI Starship Project" menggelar sesi temu sapa dengan selebritas, promosi program drama, serta rangkaian aktivitas khusus anggota untuk mempopulerkan profil global iQIYI.

Lewat sesi interaktif dan pameran menarik, acara peluncuran ini melibatkan berbagai mitra lokal, media, dan tamu VIP sehingga menampilkan daya tarik iQIYI di Indonesia. Dalam sesi temu sapa dan acara media, aktor Chen Zheyuan berbagi pengalaman sebagai iQIYI International Global Ambassador dan visinya tentang kolaborasi mendatang.

Kolaborasi strategis antara iQIYI dan Telkomsel akan menjajaki berbagai peluang baru di sektor hiburan digital, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar hiburan di Indonesia. iQIYI akan terus mempererat kolaborasi bersama mitra-mitra lokal sekaligus mendorong perkembangan industri dan meluncurkan semakin banyak konten orisinal di pasar Indonesia.

Lewat langkah tersebut, iQIYI selalu memperkuat daya saing dan daya tarik mereknya di Asia Tenggara. (***)

× Image