Home > Gaya Hidup

Brand Lokal Ardenleon Berhasil Tumbuh 22x Lipat setelah Ikut Shopee Live

Ssalah satu kunci yang banyak menarik perhatian publik adalah, penjualan secara live, pembuatan video-video produk, hingga testimoni kepuasan,
Penyimpanan produk brand lokal Ardenleon yang berhasil tumbuh 22x lipat setelah ikut Shopee Live. (Foto: Shopee)
Penyimpanan produk brand lokal Ardenleon yang berhasil tumbuh 22x lipat setelah ikut Shopee Live. (Foto: Shopee)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK – Melihat potensi besar yang ditawarkan dalam segmen fashion pakaian anak, Ronald Kartawinata, pada tahun 2017 memutuskan untuk melahirkan merek atau brand sendiri dengan nama Ardenleon. Sebelumnya, dia hanya usaha rumahan dengan fokus pada jasa produk pakaian dalam untuk wanita.

“Saya teringat di kala itu masih minim brand lokal yang bergerak dalam segmen pakaian dalam anak dan membuat saya ingin menghadirkan produk pakaian dalam anak yang berkualitas dan terjangkau di Indonesia,” ujar Ronald, kemarin.

Sejak memiliki brand sendiri, kini Ronald telah memperluas lini produk dengan menghadirkan daily wear, pakaian muslim, koleksi pakaian berlisensi seperti Pinkfong Baby Shark, Chibi Maruko-chan, Peppa Pig, dan Marvel Avengers, serta produk terbaru batik.

Ronald mengawali perjalanan Ardenleon salah satunya dengan bergabung di platform e-commerce, Shopee. Selain itu, untuk memperkenalkan brand barunya, Ronald juga aktif mengikuti berbagai pameran fashion bayi dan anak.

Kesuksesan perjalanan usahanya, diakui Ronald sangatlah disokong dengan transaksi yang berlangsung di Shopee. Bukanlah perjalanan yang mulus dan langsung menunjukan kesuksesan yang besar, tetapi melalui perjalanan yang terus berproses. Pasalnya, saat awal Ardenleon bergabung dengan Shopee, pesanan harian baru bisa mencapai ratusan transaksi saja.

“Saat ini salah satu kunci yang banyak menarik perhatian publik adalah, penjualan secara live, pembuatan video-video produk, hingga testimoni kepuasan pembeli menjadi kunci penarik perhatian pembeli di Shopee,” jelas Ronald

Berbagai program dan fitur kerap dioptimalkan oleh Ronald, seperti rutin mengikuti kampanye angka kembar yang rutin, iklan, promo, Program Ekspor Shopee hingga fitur-fitur interaktif lainnya. Ternyata, dengan berbagai strategi dan upaya, mulai dari rutin mengikuti kampanye dan mengoptimalkan fitur-fitur interaktif, hal tersebut menghasilkan buah baik dimana order harian Ardenleon bisa mencapai ribuan order.

Bahkan, dengan mengikuti kampanye spesial Shopee, Ardenleon sukses mencetak rekor yakni tembus 7.000 order dalam satu hari saja. Pesatnya pertumbuhan Ardelon pun tercermin dalam meningkatnya penjualan lebih dari 2,5 kali lipat dari tahun ke tahun.

Memiliki ambisi yang besar untuk tumbuh, Ardenleon menggali potensi dari berbagai fitur yang ditawarkan di Shopee seperti Shopee Live dan Shopee Video. Fitur interaktif ini dinilai memiliki banyak manfaat bagi para seller dan memberikan dampak signifikan terhadap daya tarik konsumen.

Sejak aktif melakukan live streaming, Ardenleon mengalami peningkatan jumlah produk terjual di Shopee Live lebih dari 22 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. “Selama live streaming, kami sering melakukan demo untuk menunjukkan keunggulan dari produk kami; kenyamanan dan kualitas, seperti pakaian dalam anak, daily wear, dan koleksi batik yang sangat diminati. Hal ini terbukti efektif dalam menarik perhatian pembeli. Puncak interaksi dan penjualan tertinggi terjadi selama kampanye angka kembar, Payday, dan periode Ramadhan,” tambah Ronald.

Salah satu fitur unggulan dari Shopee Live adalah adanya keranjang yang memungkinkan pelanggan untuk langsung menambah produk ke cart dan melakukan checkout dengan mudah. Ini membuat proses belanja menjadi lebih cepat dan efisien.

Di sisi lain, fitur Shopee Video juga membantu Ardenleon memberikan informasi produk yang lebih detail dan mendalam. Dengan konten video yang menarik, calon pembeli dapat melihat produk dalam berbagai konteks, seperti saat anak-anak mengenakannya, yang membuat mereka lebih yakin untuk membeli. Fitur tersebut juga memungkinkan Ardenleon menampilkan tren dan tema tertentu yang dapat meningkatkan engagement dengan pelanggan.

Sebagai salah satu brand lokal yang kini sukses dikenal banyak orang, Ardenleon menilai Shopee mempunyai peran signifikan dalam membantu rekan-rekan brand lokal serta UMKM untuk bisa lebih berkembang. Lewat program kampanye yang dihadirkan oleh Shopee, platform tersebut memungkinkan brand lokal menjangkau pelanggan lebih luas dan meningkatkan visibilitas. Ronald pun berharap Shopee akan terus menjadi tempat bagi para brand lokal untuk bisa terus bersaing dan membuat pelaku UMKM lokal bisa naik kelas. Agar brand lokal dan UMKM terus bisa sukses dalam merintis bisnis, ia menyarankan agar inovasi dan penggunaan teknologi terus ditingkatkan agar terus menjangkau pasar lebih besar. ***

× Image