Home > Galeri

FISIP UI Hidupkan Kembali Student Nite Festival, Wadah Salurkan Kreativitas Seni Mahasiswa

Acara ini merupakan kolaborasi antara FISIP UI, Komunitas Musik FISIP UI (KMF UI), Idekami Communications, Paguyuban Satu FISIP (PSF) dan Ikatan Alumni (ILUNI) FISIP UI.
Flayer Student Nite Festival kembali hadir di FISIP UI. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Flayer Student Nite Festival kembali hadir di FISIP UI. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) mengumumkan kembalinya Student Nite Festival.

Ini merupakan sebuah acara ikonik yang akan diadakan di kampus FISIP UI, Depok, pada 2 November 2024

Acara ini merupakan kolaborasi antara FISIP UI, Komunitas Musik FISIP UI (KMF UI), Idekami Communications, Paguyuban Satu FISIP (PSF) dan Ikatan Alumni (ILUNI) FISIP UI.

Student Nite Festival diselenggarakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi serta menampilkan potensi kreatif mahasiswa FISIP UI.

Student Nite Festival akan menyuguhkan berbagai pertunjukan seni, mulai dari musik hingga visual, dengan atmosfer yang mendukung pertumbuhan holistik. Acara ini berkomitmen untuk memperkuat nilai budaya dan identitas kesenian yang telah menjadi bagian integral dari FISIP UI.

Sebagai wujud dari komitmen tersebut, Student Nite Festival akan menampilkan sejumlah band dan penampil yang berasal dari FISIP UI, UI, serta para musisi ternama lainnya.

Deretan musisi yang akan tampil di 3 panggung Student Nite adalah Bilal Indrajaya, Vierratale, Kunto Aji, Sunwich, Motherbank, The Panturas, Puff Punch, Perunggu, G-Pluck, Alif Toeanradjo, Skyline, For Revenge, The Adams, Inara Arcelia, Skastra, Archie Wonderchild Gold, Adhisvara Choir, KMF Muspro dan 1 band pemenang dari kompetisi band (Band Submission) yang diadakan sebelum Student Nite.

“Kehadiran kembali Student Nite Festival, yang sempat menjadi ikon tahunan FISIP UI pada era 1980-an hingga 1990-an, merupakan momen bersejarah bagi kami semua. Tidak hanya sekadar merayakan hiburan dan kreativitas, tetapi juga menyatukan nilai-nilai edukasi dan kepekaan sosial yang selalu menjadi landasan utama FISIP UI,” ujar Dekan FISIP UI, Prof Dr Semiarto Aji Purwanto dalam keterangan yang diterima, Senin (14/10/2024).

Panggung Student Nite Festival akan diisi oleh musisi dari berbagai genre, yang menunjukkan inklusivitas dan keberagaman FISIP UI. Selain itu, Student Nite Festival juga mendukung perkembangan musik Indonesia dengan memberikan panggung bagi musisi indie muda.

“Salah satu keistimewaan Student Nite Festival adalah hadirnya musisi-musisi indie muda, karena salah satu misi kami memang mendukung bertumbuhnya musik Indonesia dengan mengedepankan musisi-musisi muda berbagai genre untuk tampil di panggung Student Nite. Beberapa penampil juga merupakan mahasiswa atau alumni FISIP UI,” jelas Ketua Panitia Student Nite Festival 2024, Evie Narulita.

Steering Committee Student Nite Festival 2024, Ricky H Sutjipto mengatakan, acara Student Nite Festival tidak mengganggu aktivitas sehari-hari di kampus UI. Misalnya, pada saat festival berlangsung, Bis Kuning (Bikun) yang merupakan moda transportasi umum di lingkungan kampus UI tetap beroperasi.

"Kami tidak menutup seluruh jalan, agar Bikun tetap dapat melayani warga UI. Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk tetap mengedepankan kepentingan umum, karena festival dilaksanakan di hari Sabtu, di mana kegiatan perkuliahan dan aktivitas lain di kampus masih berlangsung," terangnya.

Dengan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan, Student Nite Festival 2024 siap menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas, mempererat hubungan antar komunitas, serta merayakan keanekaragaman budaya dan seni.

Selain pertunjukan musik, Student Nite Festival juga akan menampilkan rangkaian kegiatan menarik untuk menyemarakkan acara utama.

Beberapa kegiatan tersebut meliputi:

1. Coaching Clinic: Kegiatan yang memberikan pengajaran seputar manajemen acara dan seni tradisional. Coaching Clinic bertema event management akan dilaksanakan pada 24 Oktober 2024.

2. Music Submission: Kompetisi band yang memberikan kesempatan bagi musisi muda untuk menunjukkan bakat mereka. Kompetisi ini diikuti oleh 20 band, dan telah terpilih 3 besar. Penjurian 3 besar diadakan pada 11 Oktober 2024, dan pemenang utamanya akan tampil di panggung Student Nite Festival.

3. Kamis Musik: Agenda seni yang mencakup jamming, screening film, dan gambar bareng (Gambreng), diadakan di kampus FISIP UI setiap hari Kamis sepanjang bulan September dan Oktober 2024.

4. Kampus Bergoyang (Kayang): Acara yang akan diisi dengan berbagai penampilan dari mahasiswa FISIP UI. Kayang diadakan pada 11 Oktober 2024 bersamaan dengan penjurian kompetisi band.

"Kami sangat antusias menjadi bagian dari penyelenggaraan Student Nite Festival tahun ini. Bagi kami ini menjadi pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga tentang bagaimana menyelenggarakan sebuah festival musik besar secara profesional," ungkap Ketua Komunitas Musik FISIP UI, Rafflesya Aqila.

Selain itu, sebagai komunitas musik, acara ini adalah wadah bagi kami untuk mengekspresikan kreativitas, berkolaborasi dengan berbagai elemen kampus, dan mempersembahkan karya terbaik bagi FISIP UI.

"Kami berharap Student Nite Festival dapat menjadi ajang yang menginspirasi dan mempererat rasa kebersamaan di antara seluruh mahasiswa dan komunitas kampus," harap Rafflesya.

Student Nite Festival terselenggara berkat dukungan IM3, BRI, Maxx Coffee, Kirab Remaja Nasional serta media partner PWI Kota Depok, Depok Media Center, Detikpop, iNews, Ruzka Indonesia, Ruzka Republika, Republika Network, Okezone, Sindonews, Celebrities Radio, Okezone Radio, Gigs Corner, BicaraMusik.com, GoStage.com, Wartajakarta.com, Event Kampus dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Student Nite Festival FISIP UI 2024, silakan ikuti Instagram FISIP UI, sosial media Student Nite Festival atau hubungi panitia melalui Kontak media FISIP UI: S Indah Wijayanti, No Tel: +6282124233567, Email: fisip@ui.ac.id (***)

× Image