Home > Info Kampus

Pertahankan Posisi Pertama di Indonesia, UI Naik Peringkat 5 dalam Bidang Utama di THE WUR 2025

Pemeringkatan THE WUR 2025 menggunakan metodologi baru yang dikenal dengan WUR 3.0, yang mengukur performa universitas dalam lima bidang utama: pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, keterlibatan industri, dan pandangan internasional
UI mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya universitas di Indonesia masuk peringkat 801-1.000 versi THE WUR 2025. (Foto: Dok Republika)
UI mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya universitas di Indonesia masuk peringkat 801-1.000 versi THE WUR 2025. (Foto: Dok Republika)

RUZKA REPUBLIKA NETWORK -- Universitas Indonesia (UI) tetap mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang berhasil menembus peringkat 801–1.000 dalam pemeringkatan dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2025.

Pada tahun ini, peringkat tersebut diraih di antara 2.092 universitas dari 115 negara dan wilayah di dunia, dengan UI juga berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia dan kedelapan di Asia Tenggara.

Pemeringkatan THE WUR 2025 menggunakan metodologi baru yang dikenal dengan WUR 3.0, yang mengukur performa universitas dalam lima bidang utama: pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, keterlibatan industri, dan pandangan internasional.

Masing-masing bidang tersebut dinilai berdasarkan 18 indikator yang mencerminkan reputasi, produktivitas, dan dampak dari institusi yang bersangkutan.

Dalam bidang pengajaran, UI memperoleh bobot penilaian sebesar 29,5% yang diukur dari berbagai faktor, seperti reputasi pengajar, rasio staf terhadap mahasiswa, serta pendapatan institusional.

Lingkungan penelitian memberikan bobot 29%, sementara kualitas penelitian membawa bobot terbesar yaitu 30%, yang dinilai dari kekuatan serta pengaruh penelitian yang dilakukan.

Di bidang keterlibatan industri dan pandangan internasional, masing-masing mendapat bobot 4% dan 7,5%.

Peningkatan UI di THE WUR 2025 tidak hanya terlihat dalam skor tetapi juga pada peringkat di tiga bidang utama. Dalam bidang pengajaran, UI naik peringkat dari 198 menjadi 194.

Keterlibatan industri mengalami kenaikan dari 773 menjadi 712, sementara pada pandangan internasional, UI naik dari peringkat 576 ke 527. Ini menjadi bukti nyata perbaikan kualitas dalam berbagai aspek, baik dari segi pengajaran maupun keterlibatan industri.

Rektor UI, Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD. memberikan apresiasi atas pencapaian ini.

“Kenaikan skor dan peringkat UI pada lima bidang utama kriteria penilaian THE WUR 2025 menjadi bukti keseriusan UI untuk menjadi flag carrier pendidikan Indonesia di kancah internasional. Jika kenaikan ini dilakukan secara konsisten, UI optimis dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global,” jelas Prof Ari dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (12/10/2024).

Prof Ari mengungkapkan harapannya agar pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika UI untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi UI di tingkat dunia.

“UI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga bisa bersaing di panggung internasional serta memberikan kontribusi positif bagi bangsa,” imbuhnya.

Plh Sekretaris Universitas UI, Vishnu Juwono menyampaikan “Pencapaian UI di THE WUR 2025 ini merupakan momen yang istimewa. Sebab UI meraih nomor 1 Indonesia lima tahun berturut-turut”.

Dengan pencapaian ini, UI semakin optimis untuk membawa perubahan positif dan memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan tinggi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di tingkat global.

Keberhasilan UI dalam THE World University Rankings 2025 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk terus meningkatkan mutu dan berkompetisi di tingkat dunia. (***)

× Image